Notification

×

Iklan

Padang Pariaman Bakal Adopsi Smart City Korea Selatan

Kamis, 17 November 2022 | 15:20 WIB Last Updated 2022-11-30T08:23:50Z

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, saat di Korea Selatan.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mematangkan konsep smart city, dengan melakukan studi banding ke Seoul, Korea Selatan, bersama sejumlah kepala daerah lainnya.

Di ibu kota Korea Selatan tersebut, orang nomor satu di Padang Pariaman ini juga banyak menggali inovasi terkait smart city. Mulai dari penerapan CCTV, 3D sebuah kota, dan lain sebagainya.

"Kota kita juga harus punya CCTV canggih. Di sini CCTV sudah diaplikasikan untuk banyak hal," kata Bupati yang akrab disapa Aciak ini.

Dalam kunjungannya ke Kota Seoul tersebut, Aciak dan rombongan disuguhi tampilan Kota Seoul dalam bentuk 3D. Seperti layaknya tampilan satelit google maps. Namun, mereka mengambil gambar sendiri. Artinya, bukan mengambil dari google. Tampilan gambar lebih baik dan bisa diputar maupun dilihat dari sudut manapun.

"Kita mungkin juga perlu yang seperti itu. Jadi seolah-olah kita berdiri di tengah kota. Ini bisa disuguhkan untuk wisatawan. Misalnya bingung mau kemana, bisa melihat di layar 3D dulu," ungkapnya.

Terkait penerapan CCTV, memang sudah memiliki sejumlah CCTV namun dalam jumlah yang masih terbatas. Kemampuannya juga perlu di-update.

Bupati memang getol menjadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai kota cerdas. Khususnya di Sumatera Barat, Padang Pariaman merupakan pintu gerbang untuk menuju ibukota dan daerah-daerah sekitar, baik dari transportasi udara maupun darat. 

Kabupaten Padang Pariaman memiliki letak wilayah yang strategis. Sehingga tak heran, jika Padang Pariaman dijuliki dengan “Window Display of West Sumatera”. Karenanya, Bupati semakin termotivasi untuk terus berbenah.

Suhatri Bur langsung memberi arahan kepada Kadis Kominfo untuk menyiapkan rencana anggaran penyediaan CCTV dan fasilitas pendukung lainnya pada APBD Tahun 2023 guna dapat mengimplementasikan teknologi smart city di Kabupaten Padang Pariaman dengan segera. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update