Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kembangkan Pemasaran Produk Unggulan, Diskop UKM Sumbar Gelar Temu Bisnis di Medan

Rabu, 16 November 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-11-16T01:45:04Z

Kembangkan Pemasaran Produk Unggulan
Temu bisnis di Medan.

Padang, Rakyatterkini.com - Mempromosikan produk unggulan Sumatera Barat, di dalam maupun di luar daerah, Dinas Koperasi dan UKM, menggelar Temu bisnis kerajinan unggulan Sumbar dengan pengusaha atau buyer, di Karibia Boutique Hotel, Kota Medan, Selasa (15/11/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat, Nazwir dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tahunan tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan pemasaran produk-produk unggulan Sumbar.

Diantaranya komoditi unggulan di bidang industri tenun/ kerajinan dan produk makanan/kuliner. Industri tenun/kerajinan di Sumbar telah berkembang secara turun temurun. Desain yang unik dan kualitas produk yang sangat baik banyak diminati oleh buyer. Dalam pengolahannya menjadi suatu produk menggunakan seni yang tinggi dan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM), kata Nazwir.

Wakil Ketua Dekranasda Sumbar, Ny Fitria Amalia Audy, dalam presentasinya menyebut Dekranasda Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM dan stakeholder terkait, telah melakukan banyak pembinaan secara terpadu terhadap pelaku UMKM di kabupaten dan kota di Sumbar.

Progress dari pembinaan tersebut, menurut Fitria yang akrab disapa Bu Amel, itu sudah sangat baik sehingga sekarang ini telah berkembang kawasan sentra produksi kerajinan unggulan di beberapa nagari/desa di Sumatera Barat sebagai pusat tenun, songket, sulaman, bordir dan kerajinan lainnya dengan mutu yang sangat baik.

Finalisasi dari pembinaan tersebut ditindaklanjuti dengan menjalin kerjasama antara perancang daerah dengan perancang Nasional, terverifikasinya produk tenun, sulaman/ bordir, pagelaran fashion show produk tenun serta mengupayakan peluang pasar yang lebih luas untuk UMKM tersebut, bukan hanya dalam negeri bahkan ke luar negeri. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update