Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Cuaca Ekstrem, Ratusan Ton Ikan di Danau Maninjau Mati

Jumat, 18 November 2022 | 17:02 WIB Last Updated 2022-11-18T10:02:29Z

Ikan mati di Danau Maninjau.

Maninjau, Rakyatterkini.com — Cuaca ekstrem saat ini kembali menghantam danau Maninjau. Terjangan angin badai dua hari terakhir, mengakibatkan ratusan ton ikan di danau Maninjau termasuk ikan budidaya keramba jaring apung (KJA) milik warga mengapung di permukaan danau.

Dari pantauan media ini diperkirakan ratusan ton ikan mati mengapung di danau Maninjau, akibat terjangan angin kencang yang terjadi sejak Rabu-Kamis kemarin.

Itu dibenarkan Camat Tanjung Raya, Roza Sefridiyenti waktu dikonfirmasi media ini Jumat, (18/11/2022).

Dijelaskan, saat ini sesuai survei lapangan, tercatat 1 lokasi ikan yang mati, khususnya dalam KJA, yakni di Tapian Tampuniak, Jorong Tanjung Sani, Nagari Sungai Batang, dimana diperkirakan 45 ton ikan mati dari 124 petak KJA milik 27 pembudidaya.

Dijelaskan, pihaknya bersama Kadinas Lingkungan Hidup Arief Restu, sudah survei ke Tanjung Sani, untuk membahas langkah lebih lanjut, karena saat ini, untuk proses evakuasi bangkai-bangkai ikan yang mengapung dalam KJA tidak bisa dilakukan, karena banyak ikan yang di luar KJA dalam kondisi sekarat  karena jika dievakuasi, akan memicu stress ikan yang sedang sekarat itu.

Untuk mengantisipasi dampak terhadap kondisi danau, disebutkan Camat Tanjung Raya itu, pihaknya sudah meminta warga melalui Jorong Tanjung Sani untuk tidak membuang bangkai ikan di KJA ke dalam danau, karena akan semakin memperparah kondisi di danau Maninjau.

“Kita sudah menyarankan, warga dan pemilik KJA untuk segera mengevakuasi ikan yang masih hidup ke lokasi penampungan sementara di darat, untuk mengantisipasi dampak yang lebih parah, “kata camat itu.

Sementara berdasarkan info yang diperoleh media ini,  ancaman ikan mati di danau Maninjau saat ini sesuai siklus cuaca, dimana bulan November ini menjadi salah satu siklus yang berpotensi memicu kematian ribuan ikan di danau yang sudah 'sekarat' tersebut, terutama dalam musim penghujan dan terjangan angin kencang.

Untuk antisipasi tumpukan bangkai ikan di dalam danau, hingga Jumat ini belum diperoleh informasi langkah-langkah yang akan dilakukan, pasalnya di sepanjang danau Maninjau saat ini masih didera hujan lebat dan angin kencang. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update