Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Tinjau Lahan Sorgum, Pertama di Solsel

Rabu, 02 November 2022 | 08:59 WIB Last Updated 2022-11-02T01:59:33Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, tinjau lahan sorgum.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendukung program ketahanan pangan nasional. Salah satunya adalah upaya mengembangkan tanaman sorgum di Solsel.

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan pangan, seperti halnya gandum, jagung, padi, dan jelai. 

Tanaman ini memiliki prospek yang menjanjikan, betapa tidak dalam satu kali menanam, sorgum bisa 3 kali panen dalam satu tahun. 

Dikatakan serbaguna, mulai dari batang tanaman hingga buahnya bernilai jual dan dapat dimanfaatkan sendiri. Selain itu, saat ini juga telah ada jaminan pasar dalam penjualannya. 

Bupati Solok Selatan, Khairunas tinjau lokasi bakal penanaman sorgum untuk pertama kalinya di Solsel, di Sungai Salak, Banda Runtuah, Kecamatan Sangir, bersama Presiden Direktur Sorgum Indonesia Grup, Sultan Chaniago.

‘’Kita coba untuk melaksanakannya (menanam sorgum), lahan di sini kita jadikan percontohan. Saat ini juga dibantu alat traktor melalui Dinas Pertanian untuk dihadirkan hari ini," kata Khairunas, Selasa (1/11/2022).

Sementara Direktur Sorgum, Sultan Chaniago mengatakan telah mengirim langsung bibit dari Padang. Hal tersebut menandakan bahwa Solok Selatan berpotensi besar untuk dijadikan sentra sorgum Sumatera Barat.

"Lahan dibajak dulu, hari ini juga kita kirim langsung bibit dari kantor di Padang. Saya langsung di lokasi setiap harinya untuk memulai ini. Untuk panen dengan waktu 3 hingga 4 bulan sejak penanaman," ujarnya.

Salah satu petani Solsel yang ikut berpartisipasi dalam rencana penanaman perdana sorgum ini adalah Gustahineja. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update