Notification

×

Iklan

Bupati Agam Sebut Museum Buya Hamka Sumber Pengetahuan

Kamis, 03 November 2022 | 21:39 WIB Last Updated 2022-11-09T14:44:48Z

Bupati Agam, bersama tokoh adat Yus Datuk Parpatih.

Agam, Rakyatterkini.com - Museum bukan hanya menyimpan dan mengoleksi benda-benda peninggalan, lebih dari itu adalah sebagai pusat edukatif.

Contohnya, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Di sana banyak terdapat koleksi peninggalan tokoh yang sangat fenomenal di negara ini.

Koleksi peninggalan diantaranya berbagai judul buku karya Buya Hamka, dokumentasi foto, tongkat, pakaian dan banyak lainnya.

“Ini akan jadi sumber pengetahuan bagi pengunjung, siapa sebenarnya Buya Hamka,” ujar Bupati Agam, Andri Warman saat buka FGD pengelolaan koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, di Hotel Sakura, Kamis (3/11/2022).

Karena memang katanya, museum adalah sumber pengetahuan yang menjadi tempat pendidikan, sehingga fungsinya perlu dikembangkan secara dinamis.

Melalui FGD ini, Pemkab Agam optimis melestarikan koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka sebagai media edukasi.

Kepala Disdikbud Agam, Isra menyebutkan, FGD ini digelar karena Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi salah satu ikon wisata budaya di Kabupaten Agam.

FGD ini diikuti 54 peserta berasal dari beberapa unsur di Nagari Sungai Batang seperti, pemerintah nagari, tokoh masyarakat, komunitas dan keluarga besar Buya Hamka. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update