Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Baharuddin Terpilih sebagai Ketua LKAAM Pasaman Barat 2022-2027

Minggu, 13 November 2022 | 16:35 WIB Last Updated 2022-11-13T09:35:36Z

Ketua LKAAM Pasbar, Baharuddin R, bersama pengurus foto bersama Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar.

Pasbar, Rakyatterkini.com - Baharuddin R, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Lembaga Kerapaatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pasaman Barat periode 2022-2027 dalam Musda  LKAAM Pasbar di Hotel Gucci, Sabtu (12/11/2022).

Dalam Musda yang dipimpin Nofriadi K Imam Rajo itu, dihadiri jajaran ninik mamak se-Pasaman Barat dan pengurus KAN, sepakat memilih Baharuddin secara aklmasi, sebagai ketua guna melanjutkan kepengurusan LKAAM Pasbar untuk lima tahun ke depan. 

Ketua Umum LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar memberikan apresiasi kepada ninik mamak Pasaman Barat, dan pengurus KAN Pasaman Barat yang telah melaksanakan musyawarah dengan sangat baik tanpa ada rintangan.
 
Fauzi berpesan kepada ninik mamak agar menjadi tauladan bagi anak kemenakan. 

Dia juga berpesan sebagai ninik mamak juga harus memiliki akhlak yang mulia, dan mengayomi, sehingga akan disegani oleh anak kemenakan. Sebab saat ini pintar saja tidak cukup, harus berakhlak. Sebab hanya dengan akhlak itulah bangsa ini  akan  bisa diperbaiki.

Fauzi Bahar menekankan agar ninik juga bersatu sehingga apapun masalah anak kemenakan akan bisa diselesaikan dengan baik. 

Dalam menyelesaikan berbagai problem anak kemenakan di Sumatera Barat, kata Fauzi Bahar, ninik mamak harus berperan. 

Dia  mendukung program penegak hukum untuk menerapkan restorative justice (penyelesaian perkara tindak pidana diubah menjadi dialog dan mediasi) kecuali narkoba, korupsi, dan kejahatan luar biasa. 

Baharuddin yang saat ini anggota DPRD Pasbar ini, menyampaikan terima kasih kepada semua ninik mamak dan pengurus KAN se Pasaman Barat yang telah memberi amanah kepada dirinya. 

"Kalau selama ini LKAAM kita mati suri, maka Insya Allah ke depan akan kita majukan. Kita akan coba berkolaborasi dengan pemerintah daerah agar LKAAM dianggarkan oleh Pemkab Pasaman Barat. Begitu juga bundo kanduang akan dapat perhatian dari pemerintah daerah dan dapat perhatian," kata mantan bupati duo periode ini. 

Ketua terpilih menetapkan tim formanur yang bekerja selama sepekan untuk menyusun, dan menetapkan kepengurusan LKAAM Pasaman Barat untuk lima tahun ke depan dan akan dilakukan pelantikan sesegara mungkin.

Baharuddin bertekad akan mengembalikan 'pinang katampuaknyo, siriah ka gagangnyo' sesuai dengan falsafah Minangkabau Adat Basandikan Syarak, Syarak Basandikan Kitabullah (ABSSBK) di Pasaman Barat. (junir sikumbang)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update