Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

ASN Harus Punya Kompetensi Pemerintahan untuk Menjawab Tuntutan Publik

Jumat, 11 November 2022 | 20:22 WIB Last Updated 2022-11-11T13:22:51Z

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, saat jadi narasumber FGD.

Solok, Rakyatterkini.com - Kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang ASN, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas.

Itu dikatakan Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, saat menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) Arah Kompetensi Pemerintah Penerapan dan Tantangannya di Daerah', di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Bukittinggi, Baso, Kabupaten Agam, Jumat 11 November 2022.

Dikatakan, sebagai persyaratan pengembangan karir PNS (UU No. 5 Tahun 2014 dan PP 11 Tahun 2017) adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

Selain itu kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang ASN, pengelolaan pemerintahan sesuai jenjang jabatannya di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintahan daerah secara professional.

Lebih jauh beliau menjelaskan latar belakang kompetensi pemerintahan bertujuan untuk menjamin sinergitas penyelenggaraan pemerintahan berjalan sesuai dengan kebijakan nasional.

Dikatakan, ada tujuh komponen dalam kompetensi pemerintahan yakni kebijakan desentralisasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah, pemerintah umum, pengelolaan keuangan daerah, urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah, hubungan pemerintah daerah dengan DPRD, dan etika pemerintahan. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update