Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Muara Bahan Perkuat Peran BUMDes

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 16:44 WIB Last Updated 2022-10-22T09:44:03Z

Sekdes Muara Bahan, Singingi Hilir, Suryono.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Muara Bahan, Kecamatan Singingi Hilir, terus berupaya memaksimalkan peran BUMDes dalam memperkuat perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes).


Berbagai upaya dilakukan pemerintah desa seperti pelatihan penguatan kemampuan pengelola, perbaikan tata kelola bidang usaha untuk memperkuat peran BUMDes Bina Karya sebagai penggerak ekonomi desa.


Sekdes Muara Bahan, Suryono, mengatakan sebagai lembaga ekonomi desa, BUMDes harus mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dan sumber daya alam yang berdampak positif terhadap ekonomi.


BUMDes memiliki peran penting untuk kemajuan usaha masyarakat dan juga membantu meningkatkan pendapatan desa. Dengan pengelolaan BUMDes yang baik, ini bisa menjadi kemajuan pembangunan desa. 


Dikatakan, dari beberapa usaha yang sudah berjalan saat ini seperti simpan pinjam, jual beli sawit, penjualan elpiji, perkreditan barang, jasa online, BUMDes telah berkontribusi untuk kesejahteraan warga dan pendapatan asli desa.


Ia menuturkan, kendati perkembangan BUMDes Bina Karya cukup baik, namun dukungan pemerintah desa Muara Bahan untuk penambahan unit usaha baru terus ditingkatkan. Tahun ini, ada penambahan unit usaha yakni pengelolaan pasar desa.


"Pemerintah desa terus berupaya untuk pengembangan BUMDes Bina Karya ini. Tahun ini kita penambahan unit usaha baru yakni pengelolaan pasar desa. Dari unit usaha yang ada tahun sebelumnya mampu meraup laba bersih Rp341 juta. 


Nah, dengan adanya penambahan unit usaha baru ini, selain dapat menambah tenaga kerja nantinya pendapatan laba tentu lebih meningkat lagi," ujarnya, Jumat (21/10/2022). (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update