Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tim Verifikasi Pusat Terkesan dengan Desa Kubang Tangah Sawahlunto

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 06:04 WIB Last Updated 2022-10-28T23:04:26Z

Ketua tim verifikasi disambut dengan sirih dalam carano.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Tim penilai lomba desa tingkat Regional I Tahun 2022 mengaku terkesan saat melakukan kunjungan verifikasi lapangan ke Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar.

Ketua tim penilai Kepala Subdirektorat Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah I, Andi Yuliarmiangsyah Razmi, Jumat 28 Oktober 2022 mengatakan dari pandangan pertamanya begitu memasuki Desa Kubang Tangah adalah sesuai dengan apa yang sebelumnya dipresentasikan oleh kepala desa pada tahapan lomba sebelumnya di Jakarta.

"Ini poin pertamanya sudah dapat, bahwa dalam laporan yang disampaikan untuk bahan lomba dengan realita di lapangan itu sesuai. Artinya nilai kejujuran dan transparansi terjaga dengan baik di Desa Kubang Tangah ini," kata Yuliarmiangsyah Razmi.

Ada beberapa materi dalam presentasi dan laporan sebelumnya tidak terlalu diangkat, namun bagi kami bagus dan perlu diapresiasi secara khusus. Itu diantaranya adalah tadi kami mendengar bahwa di desa ini dibangun Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan sumbangan dari pemerintah desa bersama masyarakat," kata Razmi.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang mendampingi tim penilai menyebut Desa Kubang Tangah di bawah kepemimpinan Kepala Desa Rice memang terus menunjukkan berbagai prestasi dan inovasi, sehingga pembangunan dan pelayanan di desa itu semakin baik.

Disampaikan Wawako Zohirin Sayuti, mengikuti perlombaan ini juga menjadi momen evaluasi dan melihat referensi dari desa-desa lain di Indonesia yang mengikuti lomba tersebut. 

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kenagarian Kubang Afrizal Suki Lenggang Sati, menyebut dari pihak lembaga adat memberikan dukungan, pengawasan dan pendampingan bagi Pemerintah Desa Kubang Tangah.

Sementara Kepala Desa Kubang Tangah Rice menyampaikan salah satu inovasi yang dilaksanakan pihaknya adalah membebaskan pajak dari lahan-lahan pertanian dan perkebunan warga dengan tujuan memberi motivasi kepada warga untuk menggarap lahan tersebut.

"Sementara untuk prestasi yang telah dicapai, yang terbaru itu adalah Juara I Lomba Adikarya Pangan Nusantara Tingkat Kota Sawahlunto. Sementara untuk status desa dari ukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yakni berkembang dengan hasil evaluasi cepat berkembang," kata Rice. (rel/ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update