Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sumbar Hebat, 294 Desa Wisata Berada di Daerah Ini dan Layak Dikunjungi

Rabu, 19 Oktober 2022 | 08:22 WIB Last Updated 2022-10-19T01:22:02Z

Inilah salah satu desa wisata yang berada di kawasan Ngarai Sianok Bukittinggi.


Padang, Rakyatterkini.com - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy membuka Kongres Nasional ke-12 Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) di Gedung Serba Guna UNP, Padang, Selasa (18/10/22).


Audy menyampaikan, saat ini di Sumbar terdapat 294 Desa Wisata yang tersebar di 19 kabupaten dan kota. 50 diantaranya juga telah di-branding sebagai Desa Wisata Agro pada September 2022 lalu.


"Alhamdulillah Sumatera Barat termasuk provinsi yang selalu masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), tahun ini tiga desa, tahun lalu kita dapat empat," ungkap Wagub.


Wagub menyarankan agar mahasiswa kepariwisataan mengunjungi desa-desa wisata ini, terutama yang telah mendapat penghargaan ADWI. Dengan begitu mahasiswa dapat bertukar ilmu dengan kelompok-kelompok sadar wisata (Pokdarwis) andalan Sumatera Barat mengenai pengelolaan Desa Wisata.


"Mereka sudah tau, how to service dan how to maintain cleanliness, dua kunci keberhasilan pariwisata," lanjut wagub.


Ia juga menyinggung peran mahasiswa dalam pengembangan pariwisata. Tidak lama lagi tentunya para mahasiswa yang tergabung dalam HMPI tentu akan menjadi ujung tombak kepariwisataan nasional.


"Banyak orang sukses dan kaya di bidang pariwisata, asalkan mau berinovasi, adaptasi, dan berkolaborasi," ujarnya.


Sementara itu Ketua Umum HMPI, Lalu Abdul Azuz, menuturkan HMPI merupakan tempat berkumpulnya insan pariwisata muda. Di bawah naungan HMPI, saat ini tergabung mahasiswa kepariwisataan dari 80 kampus di seluruh Indonesia.


Tentunya memberikan kontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia dengan membantu dan bekerjasama dengan pentahelix pariwisata di berbagai daerah, ujarnya.


Dengan adanya Kongres Nasional HMPI di Sumatera Barat, Lalu berharap dapat menjadi pintu pembuka bagi kerjasama yang lebih erat antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan HMPI ke depan. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update