Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Rakor Persiapan Regsosek, Jangan Ada Lagi Simpang Siur Data

Minggu, 16 Oktober 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-10-16T02:31:36Z

Sekretaris Daerah Agam, Edi Busti, foto bersama usai rakor persiapan regsosek.


Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Agam menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 bersama wali nagari se-Agam.


Kegiatan itu dibuka Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Edi Busti, Jumat (14/10/2022) di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung.


Sekda mengapresiasi BPS yang melakukan persiapan awal Regsosek dalam rangka membangun sinergitas dan kolaborasi, dengan seluruh pihak demi suksesnya pelaksanaan pendataan warga di Agam. 


Menurut Sekda, BPS sebagai salah satu sumber data yang diakui pemerintah, sangat dibutuhkan semua pihak terutama pemangku kebijakan.


Terkait strategi percepatan pengentasan kemiskinan pada 2024, diharapkan kemiskinan ekstrim di Indonesia dan Sumatera Barat tertuntaskan. Untuk itu pinta Sekda, adanya pendataan awal Regsosek ini diharapkan dapat menangkap dinamika kesejahteraan masyarakat.


Setelah adanya Regsosek, jangan ada simpang siur data lagi. Karena, sering terjadi ketika ada bantuan untuk warga miskin tiba-tiba banyak yang mengaku miskin, tapi yang orang miskin tidak berkurang, tegas Sekda.


Sementara itu, Kepala BPS Agam Evi Junaidi, menyampaikan Regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/nagari dan kelurahan.


Pendataan awal Regsosek menggunakan pendekatan keluarga dengan memperhatikan domisili semua anggota keluarga yang tercantum pada kartu keluarga.


Tujuan dari Regsosek, menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan publik dan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi. (vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update