Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemdes Muara Bahan, Singingi Hilir, Dukung Ketahanan Pangan Melalui Peternakan Sapi

Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:49 WIB Last Updated 2022-10-18T15:12:29Z

Peternak di Desa Muara Bahan dapat bantuan indukan sapi untuk dikembangbiakan.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Muara Bahan, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, Riau, melalui program ketahanan pangan bidang hewani memberikan bantuan sapi untuk kelompok peternak di desa tersebut.


Bantuan indukan sapi sebanyak 10 ekor bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2022 itu sudah disalurkan kepada kelompok tani sejak dua bulan lalu. 


Kades Muara Bahan, Ma'sum melalui Sekdes Suryono kepada awak media ini menyampaikan, program peternakan sapi adalah untuk ketahanan pangan dan peningkatan perekonomian masyarakat.


Bantuan bibit sapi itu juga sebagai upaya pemerintah desa untuk pengembangan usaha ternak di masyarakat. Melalui program ini ia berharap populasi sapi di Muara Bahan bertambah banyak. 


"Bibit sapi yang kita salurkan berjumlah 10 ekor. Sudah kita serahkan kepada kelompok peternak yang beranggotakan 10 orang. Jadi Masing-masing mereka memelihara satu ekor sapi.


Harapan kita sapi yang diterima peternak agar dipelihara dengan baik. Jadi kita lakukan pola perguliran, ketika sapi-sapi beranak selanjutnya induknya terus kita digulirkan ke peternak lain," ujar Suryono, Selasa (18/10/2022).


Sekdes menambahkan, selain kegiatan tersebut di atas, menggunakan dana desa dan BKK tahun ini pihaknya juga melakukan kegiatan pengembangan pasar desa yakni pembangunan kios dan drainase lingkungan pasar. 


Dia menyebutkan, pembangunan fasilitas pasar ini adalah upaya pemerintah desa untuk memberikan kenyamanan baik itu terhadap pedagang maupun pembeli yang berkunjung ke pasar.


Dengan demikian, kata Suryono, pada akhir tahun ini pihaknya menargetkan para pedagang yang akan berjualan di pasar ini sudah bisa menempati pasar dengan layak. 


"Pembangunan kios dan drainase pasar bersumber dari dana BKK dan Dana Desa 2022, ini juga merupakan salah satu program prioritas kita. Selain itu, untuk penyaluran BLT-DD tahap tiga rencana pekan depan kita salurkan ke penerima," ungkapnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update