Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jambore Kader PKK Berprestasi ke XIX Kab.Solok, X Koto Singkarak Juara Umum

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:19 WIB Last Updated 2022-10-15T10:19:23Z

Bupati Solok, Epyardi Asda, pukul gong tanda dimulainya jambore kader PKK berprestasi ke-XIX.

Solok, Rakyatterkini.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok  menggelar jambore kader PKK berprestasi ke-XIX Tingkat Kabupaten Solok.


Jambore yang bertemakan melalui jambore kader PKK berprestasi tingkat kab. solok tahuh 2022, kita wujudkan sinergi gerakan PKK di tengah masyarakat, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. 


Sekretaris TP-PKK Kab Solok, Retni Humaira dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut dilaksankan di Dermaga Danau Singkarak selama 2 hari dari 13 -14 Oktober 2022, dan dibuka Bupati Solok, Epyardi Asda, didampingi Ketua TP-PKK Kab Solok Ny Emiko Epyardi Asda.


Gerakan PKK dari tahun ke tahun memperlihatkan dampak positif, sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas. 


Peserta ikuti perlombaan.

Selain itu kegiatan ini juga menambah wawasan, pengetahuan, persahabatan serta memberi motivasi dan penghargaan (reward) bagi para kader PKK yang telah bekerja ikhlas dan sukarela serta menggebyarkan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.


Guna terwujudnya keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para peserta jambore melalui ekspose, vlog dan berbagai lomba jambore kader PKK berprestasi serta sebagai penghargaan (reward) serta memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan Gerakan PKK di lapangan.


Dikatakan, pelaksanaan jambore berprestasi ke -XIX Tahun 2022 ini diisi dengan berbagai jenis perlombaan, diantaranya lomba defile yel-yel kontingen, lomba ekspose ketua tim penggerak PKK kecamatan, lomba jingle PAAREDI, lomba stand dan produk UP2K, lomba Vlog AKU HATINYA PKK, lomba ekspose PHBS Plus oleh Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Binaan.


Ketua TP PKK Kab. Solok, Emiko Epyardi, menyampaikan gerakan PKK di Kabupaten Solok telah memperlihatkan dampak yang positif. Sebagai mitra kerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas.


Ini tidak terlepas dari peran kader PKK, terutama di tingkat kecamatan dan nagari. Dimana kiprah mereka sangat menentukan keberhasilan kegiatan 10 program pokok PKK di tengah-tengah masyarakat dan juga sebagai ajang menambah wawasan, pengetahuan, persahabatan serta memberikan motivasi dan penghargaan (reward) bagi kader PKK yang telah bekerja ikhlas dan sukarela, jelas Emiko.


Pemenang dan pengurus PKK foto bersama usai penyerahan hadiah.

Melalui jambore PKK berprestasi ini, akan mendapatkan kader-kader terbaik yang akan mewakili Kabupaten Solok dalam jambore kader PKK berprestasi tingkat Sumatera Barat.


Sementara itu, Bupati Solok, Epyardi Asda, mengatakan kemajuan daerah dan masyarakat bermula dari individu masing-masing. Ia berharap bisa memberikan dampak yang positif, sehingga baik masyarakat di nagari, kecamatan dan kabupaten bisa bersama-sama menjadi lebih baik dan terbaik.


Ditegaskan, Solok harus bangkit dan berjaya, jika menjalankan peran dengan baik, bisa menjadi yang terbaik. "Melihat kekompakan yang ditampilkan dari semua PKK yang hadir, saya sebagai bupati merasa bangga dan senang sekali," ujarnya bupati.


Dikatakan, pada 2023, bupati akan menganggarkan dana untuk PKK agar PKK di setiap nagari bisa lebih maju dan mandiri. Untuk itu Ia menginstruksikan kepada wali nagari se-kabupaten Solok untuk menganggarkan dana kesenian di masing-masing nagari, sehingga nantinya para pemuda bisa menghidupkan dan melestarikan kesenian anak nagari.


Memasuki hari kedua jambore PKK berprestasi, diawali dengan senam pagi yang bertujuan untuk kesehatan badan, dan membangkitkan semangat para peserta jambore.


Pelaksanaan jambore ini melaksanakan enam jenis perlombaan dan telah berakhir Jumat 14 Oktober 2022, dan ditutup Asisten II  Syahrial. TP-PKK Kecamatan X Koto Singkarak berhasil meraih juara umum. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update