Notification

×

Iklan

Gubernur Mahyeldi Resmikan Masjid dan Sosialisasikan Germas di Agam

Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:39 WIB Last Updated 2022-10-20T13:39:41Z

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meresmikan Masjid Raya Lubuk Basuang, Jorong VII Pasar Lubuk Basung.


Agam, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meresmikan Masjid Raya Lubuak Basuang, Jorong VII Pasar Lubuk Basung, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Kamis (20/10/2022) siang. 


Peresmian ditandai dengan penandatanganan prastasi dan pengguntingan pita kemudian dilanjutkan dengan shalat zuhur berjamaah diimami Buya Mahyeldi. 


Usai shalat, gubernur juga memberikan tausiyah singkat tentang jalan yang lurus, petunjuknya serta sosok yang telah menjalaninya, yaitu para nabi, shiddiqin, syuhada dan sholihin.


Masjid menjadi tempat ibadah sekaligus tempat bermusyawarah sehingga di Minangkabau itu identik dengan setiap suku memiliki surau ataupun masjid.


Gubernur juga menyampaikan, mulai 22 Oktober ini akan digerakan dan dijalankan kegiatan wirid di masjid bagi pelajar SMP dan SMA se-Sumatera Barat sebagai bentuk dari mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya.


Masjid Raya Lubuk Basung merupakan masjid tua yang menurut Ketua Pengurus Masjid Yasri Antova, telah berusia 117 tahun. 


Gubernur juga melaksanakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dalam sosialisasi dengan tema 'Budayakan GERMAS Dalam Kehidupan Kita Agar Dapat Cegah Stunting', tersebut.


Gubernur mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dalam upaya mencegah stunting. Terutama memperhatikan mulai dari anak remaja putri agar tidak anemia, ibu hamil tidak mengalami kurang energi kalori.


Bayi baru lahir diberikan ASI ekslusif serta memberikan makanan yang sehat dan beragam sejak umur 6 bulan sampai 24 bulan yang disebut 1000 Hari Pertama Kehidupan. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update