Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Cegah Longsoran, Deri Asta Minta BPBD Bangun Tembok Penahan

Selasa, 11 Oktober 2022 | 08:25 WIB Last Updated 2022-10-11T01:25:23Z

Wako Sawahlunto Deri Asta, saat meninjau lokasi longsor.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Pemko Sawahlunto memberikan bantuan untuk pembangunan dam (tembok penahan), tebing dalam upaya untuk mencegah longsor melanda rumah milik Muslim, warga Dusun Tanjung Sago Desa Batu Tanjung Kecamatan Talawi. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Senin 10 Oktober 2022, mengatakan bantuan ini merupakan wujud komitmen Pemko Sawahlunto memperhatikan dan hadir meringankan beban warga yang ditimpa bencana.


"Rumah bapak Muslim ini sudah sangat rawan longsor dari tebing di samping rumah beliau. Sekarang saja itu sudah mulai ada longsoran yang menimpa sebagian dinding rumah, sehingga  sangat mengancam keselamatan jika tidak ada tindakan pencegahan," ungkap Deri Asta.


Deri Asta menyebut tindakan pencegahan yakni melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membantu pembangunan tembok penahan di tebing , dengan jumlah biaya yang dibantu yaitu Rp10 juta.


Dia menyebut Pemko Sawahlunto telah dan terus mengalokasikan anggaran untuk membantu biaya perbaikan rumah masyarakat yang rusak oleh bencana, dimana untuk besaran yang diberikan pada tiap rumah berbeda yaitu sesuai hasil suvei lapangan oleh tim terkait. 


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto Adriyusman mengatakan nanti pihaknya akan turun langsung mendukung pembangunan dam tersebut, antara lain yakni dengan menurunkan alat berat untuk menggali tanah.


"Kita kolaborasi juga bersama pemerintah desa dan warga setempat, jadi saling bergotong royong nanti," kata Adriyusman. 


Muslim menyampaikan terima kasih pada Pemko Sawahlunto atas bantuan yang diserahkan tersebut. 


"Ini sangat membantu sekali bagi kami agar resiko rumah dilanda longsor itu bisa diantisipasi. Kalau tidak saya dan keluarga yang menghuni rumah sangat ketakutan apalagi setiap hari hujan," ujarnya. (hms/ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update