Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Solsel Resmikan Bangsal Pengolahan Komoditas Holtikultura

Senin, 24 Oktober 2022 | 22:00 WIB Last Updated 2022-10-24T15:00:00Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, saat peresmian bangsal pasca panen.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Bupati Solok Selatan, Khairunas meresmikan bangsal pasca panen dan pengolahan tanaman holtikultura, di Nagari Persiapan Pakan Rabaa Utara Duo. 

Keberadaan bangsal ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual bawang merah melalui hilirisasi bahan mentah.

Khairunas menyebut bangsal ini ditujukan untuk mendukung peningkatan nilai tambah produk holtikultura, khususnya komoditi bawang merah, di Nagari Persiapan Pakan Rabaa Utara Duo, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan.

"Selain itu juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas hasil panen dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani," ungkap Bupati saat meresmikan bangsal tersebut di Nagari Persiapan Pakan Rabaa Utara Duo, KPGD, Senin (24/10/2022).

Adapun bangsal ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat dengan nilai anggaran Rp393 juta.

Bantuan yang diberikan berupa pembangunan bangsal prasarana senilai Rp200 juta, sarana pascapanen Rp95 juta, dan sarana pengolahan holtikultura senilai Rp85 juta.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui APBD memberikan bantuan unsarana kemasan produk olahan hasil pertanian sebesar Rp13 juta.

Kelompok Tani Cempaka II sebagai penerima bantuan dipilih oleh Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan untuk kemudian diverifikasi oleh pihak provinsi.

Pemilihan kelompok tani yang menerima bantuan ini dengan kriteria aktif dan selalu berproduksi. Kritera lainnya yakni sudah terdaftar di Simluhtan.

Kelompok tani ini dipilih lantaran daerah dimana kelompok tani ini berada merupakan sentra bawang merah yang menjadi bahan baku olahan. 

Kemudian Kelompok Tani Cempaka II merupakan kelompok Program Unit Pelayanan Pengembangan Pengolahan Hasil Pertanian (UP3HP) yang aktif dan berproduksi rutin dan berkelanjutan. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update