Notification

×

Iklan

Wako Solok Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

Rabu, 21 September 2022 | 21:32 WIB Last Updated 2022-09-22T01:28:55Z

Wako Solok, Zul Elfian Umar.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Dunia saat ini tengah dihadapkan dengan kondisi peliknya ketidakpastian ekonomi. Selain itu, negara-negara di dunia juga dihadapkan pada keputusan yang sulit untuk bisa menjaga stabilitas ekonominya.


Sehingga, mengakibatkan terjadinya lonjakan harga pada komoditas pangan dan energi, laju inflasi pun semakin tinggi baik di negara-negara maju maupun berkembang. Demikian diungkapkan Walikota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya pada  acara  rapat koordinasi (Rakor) Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, di Hotel Premier Kota Solok, Rabu 21 September 2022.


"Ketidak pastian ekonomi global tentu diperlukan data berkualitas dalam pengambilan kebijakan yang tepat," ujar Walikota Zul Elfian.


Dalam upaya mendapatkan data yang berkualitas itu, maka, lanjut wako, tahun 2022 ada dua kegiatan besar yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS). Yaitu, pendataan sensus penduduk lanjutan yang baru selesai dilaksanakan dan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober sampai 14 November ini.


Menurutnya, tanpa adanya kolaborasi  bersama dari semua pihak terkait tentu apa yang dilaksanakan BPS tidak akan berjalan dengan lancar.


"Untuk itu, kami mengimbau jalinlah kolaborasi yang baik dengan semua pihak, baik di tingkat kota maupun level kecamatan dan kelurahan," kata walikota.


Guna menunjang strategi percepatan pengentasan kemiskinan pada tahun 2024 mendatang, diharapkan kemiskinan di Indonesia dan  Kota Solok khususnya, tentu  dibutuhkan basis data yang tepat. Terbatasnya data sosial ekonomi untuk penargetan program seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah serta kurangnya ketepatan waktu dan keseragaman kualitas pemutakhiran data, jelas menjadi kendala dalam pelaksanaan strategi tersebut.


"Kita berharap dengan adanya pendataan awal Regsosek diyakini  akan  dapat menangkap dinamika kesejahteraan masyarakat serta dapat menjadi sumber data rujukan, untuk mendapatkan target yang tepat serta integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat," harap Zul Elfian lagi.


Walikota berpesan agar BPS Kota Solok dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, kepada seluruh pihak terkait, OPD, jajaran pemerintah daerah hingga kelurahan, diminta untuk tidak hanya mendukung, tapi juga ikut berkontribusi pada pelaksanaan kegiatan tersebut, demi tercapainya data sosial dan ekonomi yang berkualitas di Kota Solok. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update