Notification

×

Iklan

Tim Penilai Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Lakukan Verifikasi ke Kecamatan Salimpaung

Rabu, 21 September 2022 | 21:45 WIB Last Updated 2022-09-22T01:28:36Z

Tim Penilai Provinsi lakukan verifikasi di Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Program Inovasi "Rajawali" yakni Rapat Kerja dengan Jajaran Walinagari yang digagas Camat Salimpaung, Herru Rahman mengantarkannya masuk nominasi 6 terbaik Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2022. 


Menindaklanjuti ekspos Herru Rahman beberapa waktu lalu di Provinsi Sumatra Barat, kini giliran Tim Penilai Kompetensi Camat lakukan verifikasi langsung ke Kecamatan Salimpaung untuk menilai yang terbaik, Rabu (21/9/2022). 


Tim penilai terdiri dari dua orang pamong senior yakni Drs. Alwis yang merupakan Mantan Sekda Provinsi Sumbar, Drs. Mardi, Mantan Inspektur Provinsi Sumbar, bersama Ketua Tim Verifikasi Andri Yulika Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumbar dan anggota disambut Sekda Iqbal Ramadi Payana dan Organisasi Perangkat Daerah terkait. 


Dikatakan Herru, Program Rajawali mengusung tema melaksanakan rapat koordinasi pemerintah kecamatan dengan walinagari di alam terbuka. 


"Di kantor kecamatan, kita membuat sebuah ruang terbuka yang diberi nama Palanta Talampau Sayang, singkatan Pelayanan Kecamatan untuk Tabek Patah, Lawang Mandahiling, Salimpaung, Sumanik, Situmbuk, dan Supayang," tuturnya.


Tidak hanya itu, Herru juga menyampaikan, sejak diberi amanah menjadi Camat Salimpaung, berbagai terobosan dan inovasi dilakukan dalam peningkatan pelayanan, pembangunan, serta ikut menyukseskan isu strategis Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.


Fasilitasi pembangunan Pasar Nagari Sumanik dengan pendekatan kepada masyarakat dalam upaya menciptakan Trantibum pada saat pra dan pasca pembangunan.


Inovasi bidang pelaksanaan pembangunan, memfasilitasi kegiatan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan sarana prasarana di nagari seperti rabat beton di Nagari Sumanik dengan panjang ruas 1.120 meter yang melibatkan perantau Sumanik.


Belum lama Herru juga melakukan fasilitasi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, yakni pelaksanaan satu nagari satu event di Talago Kamba Nagari Tabek Patah. 


Di kesempatan itu, Herru juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai inovasi yang dilakukan.


"Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, baik walinagari se-Kecamatan Salimpaung, unsur Forkopimca, serta stakeholder terkait, dan elemen masyarakat di Kecamatan Salimpaung yang telah mendukung berbagai inovasi yang dilakukan," kata Herru. 


Kemudian Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana mengatakan, dalam menentukan yang bakal mewakili Tanah Datar pada ajang kompetisi camat, Pemkab Tanah Datar tidak lantas menunjuk begitu saja.


"Pemda telah melakukan seleksi yang sangat ketat, dari 14 camat diseleksi menjadi 6 besar, selanjutnya Camat Salimpaung terpilih menjadi yang paling berprestasi, untuk mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam ajang kompetisi camat berprestasi di tingkat provinsi," kata Iqbal.


Sekda Iqbal mengungkapkan, selain melaksanakan tugas dan fungsinya, camat juga harus berperan sebagai perpanjangan tangan bupati di kecamatan.


"Seorang camat harus tinggal di rumah dinas yang telah disediakan. Kemudian, juga dituntut untuk melahirkan berbagai inovasi, agar pelayanan dapat diakses dengan cepat dan tepat oleh masyarakat untuk memudahkan mereka memperoleh pelayanan," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Tim Penilai Andri Yulika mengatakan, pada hakikatnya penilaian ini merupakan ajang pembinaan kepada camat, terkait dengan tugas pokok yang telah dilakukan.


"Untuk itu, fokus penilaian akan dibagi dalam tiga bidang yaitu bidang penyelengaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat," bebernya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update