Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Puskesmas Sungai Limau Kekurangan Dokter, Pelayanan Belum Optimal

Selasa, 27 September 2022 | 20:20 WIB Last Updated 2022-09-28T02:10:04Z

Inilah bangunan Puskesmas Sungai Limau yang nampak kokoh.
 

Padang Pariaman, Rakyatterkini.com - Warga Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, meminta perhatian pemerintah terhadap unit Pukesmas di nagari itu, yang hingga kini masih minim tenaga dokter. 


Diketahui, puskesmas tersebut memiliki satu orang dokter, sementara dokter tetap atau yang di rumahkan di komplek puskemas belum ada, sehingga pelayanan kepada masyarakat jauh dari maksimal.


Menurut warga, lantaran tidak adanya dokter tersebut, pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang maksimal.


"Seharusnya, Puskesmas Sungai Limau dengan akreditasi, baik ini harus mempunyai SDM dan dokter yang dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," tutur Akmal di Sungai Limau, Selasa (27/9/2022).


Ia menyebutkan, pemerintah daerah harus cepat tanggap dalam peningkatan mutu pelayanan, khususnya di sektor kesehatan ini.


"Sebagai fasilitas publik yang mengurus banyak orang dengan ragam keluhan dan permasalahannya, diperlukan kiat dan seni untuk menanganinya," sebut dia.


Katanya, jumlah tenaga medis saat ini masih jauh dari ideal dan tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. Tak ayal, situasi ini membuat masyarakat kurang mendapatkan pelayanan memadai.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Aspinuddin Darab menyebutkan, pihaknya berupaya mewujudkan terpenuhinya tenaga medis, khususnya untuk Puskesmas Sungai Limau.


"Terhitung pada bulan ini, salah satu dokter yang ada di Puskesmas Koto Bangko, Sungai Geringging, akan mengisi kekosongan tenaga dokter di Puskesmas Sungai Limau," papar Aspinuddin yang akrab dipanggil Jimmy ini di ruang kerjanya.


Ia menyebutkan, ketersediaan SDM khususnya tenaga dokter sangat penting guna mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan, terutama tenaga dokter untuk Puskesmas Sungai Limau.


"SK dokter yang akan di tempati di Puskesmas tersebut sudah ada, tinggal proses dari dokter itu untuk segera ditempatkan ke puskesmas tersebut," sebut dia.


Kepala Bagian Kepegawaian Diskes Yadi menambahkan, pihaknya telah melahirkan surat penugasan seorang dokter di puskesmas itu. Artinya, ada dua orang tenaga dokter di puskesmas tersebut.


"Kami meminta kepada warga untuk bersabar atas tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan Puskesmas Sungai Limau. Dalam waktu dekat ini, tenaga dokter di Puskesmas Sungai Limau sudah dua orang," ucapnya lagi. (Suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update