Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

PMI Tanah Datar Dapat Bantuan Mobil Operasional

Minggu, 25 September 2022 | 14:49 WIB Last Updated 2022-09-26T00:36:52Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan, dalam berbagai media sosial sering melihat masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah. Karena itu, ia berharap ketersediaan atau stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Datar selalu ada. 


"PMI harus mampu menjadi penyedia darah kebutuhan masyarakat Tanah Datar. Karena itu, saya berharap masyarakat juga beramai-ramai mendonorkan darahnya kepada PMI, karena setetes darah anda sangat penting bagi mereka yang membutuhkan," tutur Bupati Eka Putra saat membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Tanah Datar, Sabtu (24/9/2022) di Aula Kantor PKK Tanah Datar. 


Dikatakan, sebagai bentuk dukungan, pemerintah daerah memberikan bantuan kendaraan kepada PMI Tanah Datar, untuk bisa dijadikan mobil operasional untuk mencukupi ketersediaan stok darah. 


"Mendukung ketersediaan darah di PMI Tanah Datar, pemerintah daerah melalui RSUD M. Ali Hanafiah dan Dinas Kesehatan membantu kendaraan operasional untuk memudahkan pelaksanaan donor masyarakat di nagari-nagari ataupun kecamatan," sebutnya lagi. 


Bupati menambahkan, selain transfusi darah, PMI membantu Pemkab dalam berbagai kegiatan bidang sosial kemanusiaan, yang meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana dan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat. 


"Diharapkan Muskab tahun 2022 bisa berjalan baik dan lancar, serta melahirkan kepengurusan yang baru. Kemudian, juga menyusun program kerja yang lebih konkrit dan aplikatif untuk meningkatkan perannya dalam memberikan manfaat, serta pertolongan dalam bidang sosial kemanusiaan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Tanah Datar," tukasnya.


Sementara itu, Ketua PMI Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah menyampaikan, Muskab memang harus dilaksanakan untuk melakukan regenerasi kepengurusan baru. 


"Masa kepengurusan yang lama telah berakhir, maka regenerasi kepengurusan harus dilakukan. Terima kasih atas dukungan dan sumbangsih selama ini kepada PMI Tanah Datar," ucapnya.


Dikatakan Emi, dalam masa kepengurusan 2017-2022 telah cukup banyak kegiatan dan program yang dilaksanakan PMI Tanah Datar, seperti penanganan Covid-19, vaksinasi dan penanganan bencana lainnya. 


"Telah cukup banyak program yang dilaksanakan, namun ada satu program yang belum terealisasi adalah pengadaan armada untuk sosialisasi ataupun aksi donor darah ke nagari-nagari. Saya berharap tentunya hal ini bisa menjadi pertimbangan bapak bupati atau ketua baru nantinya untuk mewujudkan program ini," katanya. 


Sementara itu Wakil Kabid Organisasi PMI Sumbar Zainul Rahim Zein menyampaikan apresiasi kepada PMI Tanah Datar. 


"Selama ini PMI Tanah Datar cukup eksis dan bagus dalam manejemen serta disiplin organisasi," sebutnya.


Ditambahkan Zein, setidaknya ada tiga agenda yang dilaksanakan dalam Muskab ini. Yakni, membahas pelaporan pertanggungjawaban, menyusun dan mengesahkan rencana program PMI untuk 5 tahun ke depan dan memilih ketua baru.


Adapun selepas melaksanakan Muskab, diperoleh keputusan bahwa Ny. Lise Eka Putra dipilih menjadi Ketua PMI Tanah Datar Periode 2022-2027. 


Ketua terpilih Ny. Lise Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya. 


"Terima kasih atas kepercayaan PMI Tanah Datar memberikan amanah ini, semoga PMI semakin Jaya ke depan, namun tentunya dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah maupun pengurus, anggota dan sukarelawan PMI Tanah Datar juga sangat diharapkan," katanya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update