Notification

×

Iklan

Nilai SPBE Pesisir Selatan Tertinggi di Sumatera Barat

Rabu, 14 September 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-09-14T12:48:42Z

Pemkab Pessel ikuti evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan reformasi birokrasi secara virtual.


Painan, Rakyatterkini.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIP/RB) 2022 secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa (13/9/2022).


Pada evaluasi SAKIP/RB 2022 yang mulai dilaksanakan Agustus 2022 itu, tim evaluator meminta instansi pemerintah segera melakukan update data, melengkapi data-data tambahan, melakukan koordinasi dengan instansi terkait, serta menyampaikan akses aplikasi untuk menjamin kelancaran proses tersebut.  


Itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pesisir Selatan, Junaidi, terkait evaluasi SAKIP/RB 2022 tersebut. 


Dikatakan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan sejumlah kepala OPD diminta menyampaikan presentasi terkait upaya penguatan SAKIP/RB dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntable. 


Isu strategis yang dikemukan adalah transformasi digital (inovasi) perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital pada seluruh area layanan/bisnis. 


Sasarannya adalah, terwujudnya e-Goverment menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntable. Kemudian, dijabarkan ke dalam dua sasaran strategis, yakni meningkatnya kwalitas layanan teknologi indormasi dengan indokator nilai SPBE dan meningkatnya keterbukaan informasi publik. 


Sebagai tindak lanjut LHE SAKIP ini adalah, Rapat Penyelarasan Rencana strategis (Renstra) OPD dengan RPJMD Kabupaten 2021-2026, memberikan punishment ASN yang melakukan pelanggaran disiplin, telah melakukan penilaian kinerja ASN dengan aplikasi (TI) e-TPP Pessel dan AbON Pessel. 


Dikatakan, tindak lanjut rekomendasi laporan hasil evaluasi (LHE) SAKIP (rekomensasi 3) adalah agar kualitas implementasi SAKIP untuk melaksanakan evaluasi internal. 


Kemudian, pihaknya sudah menindak lanjuti rekomendasi LHE Reformasi Birokrasi (RB), menjadikan hasil penilaian hasil kinerja individu sebagai dasar untuk pengembangan karir individu dengan memberikan reward/punishment.  


Melakukan pemberian penghargaan atau sanksi bagi petugas pemberi layananan. Rekomendasi/tindaklanjut, adalah telah memberikan reward dan punsihment bagi ASN/pemberi layanan. 


Capaian kinerja SAKIP berdasarkan nilai Indek SPBE Kabupaten Pesisir Selatan 2019-2022. Indek SBBE tahun 2019, 2020 dan 2021 nilainya 3,34 dan jumlah Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah 47. 


Nilai SPBE Pesisir Selatan sebesar 3,35 pada 2021, merupakan tertinggi untuk Sumatera Barat dan peringkat 6 kabupaten/kota se Indonensia ( 10 besar nasional). 


Keterbukaan Informasi Publik (PPID) Kabupaten Pesisir Selatan Terbaik 1 (2019 - 2021), dengan predikat menunju informatif pada 2019 dan informatif pada 2020 dan 2021. 


Capaian kinerja pelaksanaaan e-Governement (SPBE) 2019, 2020 dan 2021, seperti informasi publik melalui PPID Kabupaten Pesisir Selatan adalah 242-232 dan 275.


Melaksanakan reformasi birokrasi pada delapan area perubahan yakni, manajemen, deregulasi, penataan orgamisasi, penataan tatalaksana, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan pelayanan publik. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update