Notification

×

Iklan

Minta Sumbangan, dan Pesta Perkawinan yang Menutup Jalan, Menganggu Transportasi, Ini Kata Gubernur

Selasa, 20 September 2022 | 09:54 WIB Last Updated 2022-09-20T02:54:26Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, pimpin upacara peringatan hari perhubungan nasional.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat Sumatera Barat, Senin (19/9/2022).


Gubernur meminta kepada jajaran perhubungan agar mampu menghadapi tantangan sektor transportasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama dalam masa pemulihan dari pandemi Covid-19. 


“Sektor transportasi nasional mengalami kebangkitan, terlihat dari data BPS menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27 persen dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,44 persen,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Mahyeldi.


Gubernur juga mengingatkan jajaran perhubungan Sumbar untuk memperhatikan kelancaran transportasi di Sumbar demi keselamatan masyarakat. 


Diantaranya gubernur menyinggung masih banyaknya aktivitas di jalan raya yang tidak berhubungan dengan aktifitas transportasi, tapi menganggu transportasi. Diantaranya permintaan sumbangan di tengah jalan, dan acara pesta perkawinan yang menutup jalan.


"Saya minta kepada dinas perhubungan untuk menyurati dan mengingatkan kepada bupati dan walikota se-Sumatera Barat agar tidak ada pihak–pihak yang menggunakan jalan raya yang tidak berkaitan dengan transportasi. Dinas perhubungan harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian," kata gubernur.


Selain itu gubernur juga mengingatkan dinas perhubungan terkait keamanan transportasi kapal laut untuk wisatawan ke pulau-pulau.


"Wisata pulau, kapal tidak standar. Ingatkan kabupaten dan kota. Aturan tentang keselamatan itu sudah jelas, jika tidak ada, buat aturannya, demi keselamatan masyarakat kita. Apalagi jelang liburan akhir tahun ini, akan banyak wisatawan ke pulau. Harus jelas dermaganya dimana, supaya jelas juga data wisatawan yang ke pulau," lanjut gubernur dengan tegas.


Dinas perhubungan sangat erat kaitanya dengan inflasi. Artinya, ketika pemindahan barang tidak lancar maka itu akan memacu inflasi. Begitupun sebaliknya. 


Maka dari itu pihak-pihak dan instansi-instansi yang bersangkutan dengan jalan, harus lebih meningkatkan koordinasi dan komunikasi, supaya pemindahan orang dan barang menjadi lancar dan tidak terganggu. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update