Notification

×

Iklan

Gubernur Sebut Produk UMKM dan Pertanian Tanah Datar Layak Masuk Pasar Internasional

Jumat, 30 September 2022 | 17:01 WIB Last Updated 2022-09-30T10:10:17Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Gubernur Mahyeldi Ansharullah buka secara resmi ajang pameran produk-produk UMKM daerah yang digagas Pemprov Sumbar dengan tabuh gendang di Pelataran GOR H. Agus Salim Padang, Kamis (29//9/2022). 


Pameran UMKM Sumbar Malagak yang diselenggarakan dari 29 September hingga 2 Oktober mendatang itu, diikuti tidak kurang dari 200 booth pameran produk UMKM, BUMN, perbankan, elektronik, otomotif dan florikultura. 


Tanah Datar tidak ketinggalan untuk ikut ambil bagian dengan booth UMKM Dinas Koperindag Tanah Datar dan Florikultura Dinas Pertanian Tanah Datar, yang turut memamerkan produk-produk unggulan Tanah Datar Luhak Nan Tuo. 


UMKM Sumbar Malagak selain memajukan perekonomian, juga sebagai sarana berkarya dan berinovasi bagi UMKM dalam menampilkan produk-produk unggulannya, agar semakin dikenal di pasar nasional dan internasional. 


Gubernur Mahyeldi mengemukakan, dari 600 ribu UMKM  yang ada di Sumbar, menurutnya terdapat 3 juta penduduk yang bergerak di bidang UMKM.  


“Ini menjadi suatu keharusan bagi pemerintah, baik provinsi maupun daerah untuk mensupport UMKM, agar ekonomi di Sumbar berkembang demi mendorong peningkatan pendapatan masyarakat,” ucapnya lagi.  

 

Ia juga memerintahkan kepada OPD terkait supaya tidak bekerja biasa-biasa saja. Para OPD wajib membantu UMKM untuk memasuki pasar-pasar nasional maupun internasional. 


Saat berkunjung ke booth UMKM Tanah Datar, yang juga didampingi Wagub Audy Joinaldi, Ketua Dekranasda Sumbar Ummi Harneli Mahyeldi, Ketua BKOW Sumbar dr. Fitria Amalia Audy, Gubernur Mahyeldi kagumi produk UMKM serta produk pertanian Tanah Datar seperti cabai unggul lamersi. 


Gubernur mengatakan pada Ketua Dekranasda Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra yang turut didampingi Kadis Koperindag Tanah Datar Hendra Setyawan, jika cabai lamersi luar biasa dan minta untuk dipackging dengan baik, agar bisa dipasarkan ke luar negeri seperti Singapura karena Pemprov Sumbar sudah menjalin kerjasama dengan negara yang dijuluki Kota Singa itu. 


“Ini produk pertanian Tanah Datar luar biasa tinggal packging kasih merk sudah bisa masuk supermarket di luar negeri. Tidak hanya cabai dan bawang, namun juga produk pertanian lainnya, produk UMKM dan sebagainya. Kita Pemprov Sumbar sudah jajaki kerjasama dengan Singapura, saat ini ayam potong saja dari kita Sumbar,” ujarnya. 


Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra bersyukur dan bangga bisa ikut andil dalam ajang UMKM Sumbar Malagak, 


“Alhamdulillah kita bisa ikut pameran ini, berbagai produk kerajinan UMKM kita tampilkan di sini, seperti tenunan songket Pandai Sikek, Pamusihan dan Tanjuang Modang, juga produk pertanian seperti cabai merah unggul lamersi, bawang, duku Sungayang serta juga kita ikutkan Florikultura pertanian yang menampilkan beraneka bunga dari Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh,” ucapnya. 


“Di ajang ini kita memamerkan, melagakkan berbagai produk kita sesuai dengan konsep Sumbar Malagak, sehingga akan lebih banyak lagi yang tahu dengan produk unggulan dari Tanah Datar,” ujarnya. 


Hal senada juga disampaikan Kementerian Perdagangan RI ketika berkunjung ke Booth Tanah Datar, jika produk UMKM dan Pertanian Tanah Datar berpotensi ekspor.


”Saat ini, kami sedang di booth Kabupaten Tanah Datar, setelah kami lihat sendiri dan juga dijelaskan Ibu Ketua Dekranasda, kami yakin produk Tanah Datar ada pangan dan juga sandang layak ekspor ke luar negeri,” ujarnya.  (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update