Notification

×

Iklan

Diikuti 72 Peserta, Dewan Pers Fasilitasi Ujian Kompetensi Wartawan di Bukittinggi

Sabtu, 10 September 2022 | 23:02 WIB Last Updated 2022-09-11T00:02:20Z

Dewan Pers memfasilitasi Ujian Kompetensi Wartawan di Bukittinggi.
 

Bukittinggi, Rakyatterkini.com - Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Fasilitas Dewan Pers, menggandeng dua Lembaga Uji, yaitu; PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi, di Balai Sidang Bung Hatta, Sabtu (10/9/2022). Peserta UKW berjumlah 72 orang dari berbagai jenjang. 


Ujian Kompetensi Wartawan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers.


Kemudian, menegakkan kemerdekaan pers, berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus, penghasil karya intelektual, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.


Walikota Bukittinggi Erman Safar, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) mendukung sepenuhnya, pelaksanaan UKW dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan.


"Semakin meningkatnya kuantitas wartawan yang kompoten, maka kami yakin dan optimis, akan semakin meningkat pula kualitas berita dan informasi yang diterima oleh masyarakat," tutur Erman. 


Erman menegaskan, wartawan dan perusahaan media, harus terus meningkatkan kompetensi, terutama dalam menghadapi era distrupsi informasi. Dimana kemajuan teknologi dan berkembangnya media baru menyebabkan semua orang bisa memproduksi, sekaligus menyampaikan informasi ke masyarakat tanpa harus melalui, atau bahkan memiliki institusi media resmi. Dan tentu sedikit banyak mengubah alur informasi media lama menjadi lebih cepat, supaya mampu mengimbangi kecepatan informasi dari media baru. 


"Uji Kompetensi Wartawan adalah salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar untuk mengukur profesionalisme seseorang dalam melakukan kegiatan jurnalistik," tukasnya. (Warman)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update