Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bundo Kanduang Masuk Sekolah dan Launching Permainan Lore

Rabu, 07 September 2022 | 13:55 WIB Last Updated 2022-09-07T08:05:50Z

Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Bundo Sitta Novemra.


Solok, Rakyatterkini.com - Kemajuan zaman dan arus globalisasi membuat tugas dan beban bundo kanduang di tengah masyarakat Minang semakin berat. 


Bundo Kanduang dituntut untuk memperkuat peran dalam membentengi anak sekaligus memelihara adat dan budaya Minangkabau. 


Ini inilah yang melatarbelakangi program bundo kanduang masuk sekolah sekaligus launching media permainan tradisional lore, di SD 09 Kelurahan PPA Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Rabu 7 September 2022.


Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Bundo Sitta Novemra, mengatakan konsep bundo kanduang masuk sekolah melakukan  pendekatan dengan rasa kepada anak-anak sekolah, serta memperkenalkan kembali budaya tradisional ke semua tingkatan mulai dari SD, SLTP, SLTA dan perguruan tinggi.

 

"Kami Bundo Kanduang, limpapeh rumah gadang mengambil peran untuk antisipasi, takutnya prilaku generasi muda Minang akan berubah dan bergeser dari nilai-nilai budaya Minang, "tutur Bundo Sitta.


Sebagai bundo kanduang di dalam kaum atau keluarga, perempuan Minang harus memiliki sifat kepemimpinan dan ibu sejati. Ini penting, karena ibu tempat bertanya, ditiru dan menjadi teladan lingkungan keluarganya. Seorang ibu akan lebih banyak menentukan watak manusia yang dilahirkan.


"Kami berharap Pemko Solok, melalui dinas terkait mendukung program bundo kanduang masuk sekolah ini, karena sejalan dengan visi walikota Solok." (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update