Notification

×

Iklan

Bertemu Gubernur Mahyeldi, Konjen Tiongkok Tawarkan Kerjasama dengan Provinsi Yunan

Kamis, 15 September 2022 | 20:13 WIB Last Updated 2022-09-15T13:16:12Z

Gubernur Mahyeldi bersama Konjen Tiongkok.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Seiring peningkatan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan, juga gencar melakukan berbagai upaya persahabatan dan kerjasama dengan provinsi yang ada di Pulau Sumatera, termasuk Sumatera Barat.


Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Rabu (14/9/2022) menerima kunjungan Konsul Jenderal Tiongkok yang ada di Medan, Zhang Min, di Istana Gubernuran Sumbar. Dalam pertemuan tersebut, Zhang Min menawarkan persahabatan dan kerjasama (sister province) antara Provinsi Yunan di Tiongkok dengan Provinsi Sumbar.


Zhang Min mengatakan, Provinsi Yunan yang terletak di Barat Daya Tiongkok dan berbatasan dengan Myanmar, Vietnam dan Laos ini memiliki kondisi alam dan budaya yang unik dan memiliki kemiripan alam dan budaya masyarakat Minangkabau. Hal ini menurut Zhang menjadi salah satu alasan keinginan untuk membina sister province, selain Sumbar disebut memiliki tanah yang subur, juga kaya akan sumber daya, pesona alam yang indah serta kekayaan budaya.


"Dari provinsi yang ada di Tiongkok, Provinsi Yunan memiliki kemiripan budaya dengan Minangkabau. Karena itu, kami ingin menjalin persahabatan dan juga kerjasama berbagai bidang dengan Sumbar, baik di bidang perdagangan, pendidikan, pariwisata dan teknologi. Kami berharap gubernur menerima persahabatan dan kerjasama ini, dan nanti bisa saling mengunjungi," kata Zhang Min.


Zhang Min juga menambahkan, seiring meredanya pandemi Covid-19, saat ini Tiongkok telah kembali membuka diri ditandai dengan Presiden Tiongkok melaksanakan perjalanan keluar negeri untuk pertamakalinya. Hal ini menjadi sinyal bagi jutaan warga Tiongkok kelas menengah atas untuk kembali berwisata ke luar negeri, termasuk ke Indonesia.


"Ada jutaan warga Tiongkok yang berwisata ke Indonesia setiap tahun dan 90 persennya ke Pulau Bali. Dengan adanya kerjasama dengan Provinsi Sumbar ini, semoga makin banyak wisatawan Tiongkok berkunjung ke Sumbar," paparnya.


Gubernur Sumbar menyambut baik tawaran kerjasama tersebut. Apalagi, menurut gubernur, saat menjabat Walikota Padang, juga telah menjalin persahabatan dan kerjasama dengan beberapa daerah di Tiongkok, seperti Shenzen, Chengdu dan Shanghai.


Gubernur bahkan meminta agar kerjasama tidak hanya dengan provinsi tertentu saja, tapi bisa juga dengan provinsi lainnya di Tiongkok, khususnya provinsi yang memiliki penduduk mayoritas muslim.


"Kami menyambut baik rencana kerjasama ini. Apalagi, selama ini kita di Sumbar telah menjalin kerjasama dengan Chengdu untuk bidang kebencanaan, dan juga dengan Shanghai untuk proyek perumahan. Termasuk bidang pariwisata, sebelum pandemi ada kunjungan Muslim Tiongkok ke Masjid Raya. Kunjungan wisata ini sudah direncanakan setiap tahun, tapi terkendala.karena pandemi. Mudah-mudahan, kerjasama yang sudah pernah terbangun bisa dilanjutkan dan dikembangkan," ungkap gubernur.


Gubernur juga mengajak Konjen Zhang untuk hadir dalam peringatan hari jadi Provinsi Sumbar tanggal 1 Oktober mendatang, yang ternyata juga bersamaan dengan hari nasional Tiongkok.(doa/MMC)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update