Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bantuan Ternak dan Bibit Pertanian Disalurkan Pemdes Sukamaju

Selasa, 06 September 2022 | 21:35 WIB Last Updated 2022-09-06T23:17:45Z

Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir, Agus Supriyanto.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, Riau, melalui program ketahanan pangan menyalurkan bantuan 20 ekor indukan sapi kepada peternak yang tersebar di lima dusun yang ada di desa itu.


Kepala Desa Sukamaju, Agus Supriyanto, mengemukakan, program pengembangan sapi bersumber dari dana desa tahun 2022 tersebut, sebagai upaya mendukung ketahanan pangan bidang hewani dan peningkatan perekonomian masyarakat.

 

"Tiap dusun menerima 4 ekor sapi untuk dikembangbiakkan. Sapi yang kita serahkan jenis sapi bali dan kebanyakan sapi betina. Bantuan ini sudah kita salurkan di 5 dusun yang ada di Desa Sukamaju," ujar Agus Supriyanto kepada Rakyatterkini.com, Senin (5/9/2022).


Ia menyebutkan, penerima bantuan tersebut sudah berdasarkan kriteria dan ketetapan hasil musyawarah, yaitu betul-betul mereka masyarakat peternak. Para peternak itu pun nantinya akan diawasi keberadaan sapinya oleh pihak desa.


"Pengembangan peternakan, baik peternakan sapi maupun peternakan lainnya di Desa Sukamaju, diharapkan dapat membawa kemajuan yang sangat berarti bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebutnya. 


Agus menambahkan, selain bidang hewani, tahun ini pihaknya juga mengalokasikan dana desa untuk pengembangan usaha pertanian. Itu sebagai upaya penguatan ketahanan pangan yang sebelumnya sudah diputuskan dalam musyawarah desa. 


Berbagai jenis bibit tanaman sudah disalurkan oleh Pemdes Sukamaju, diantaranya sayuran, cabai, jagung, semangka, buah naga dan juga benih ikan. Bantuan bibit itu, diserahkan langsung kepada kelompok tani untuk selanjutnya dimanfaatkan dengan baik.


"Berbagai bibit seperti cabai, jagung, semangka dan buah lainnya sudah kita salurkan ke kelompok tani. Pemberian bantuan bibit ini merupakan upaya pemerintah desa sebagai pengendalian harga pangan, untuk mendukung kemandirian dan ketahanan pangan," pungkasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update