Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Balai Penyuluh KKBPK Sutera Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Terbaru PK 22

Selasa, 06 September 2022 | 15:58 WIB Last Updated 2022-09-16T02:58:24Z

Sosialisasi penggunaan aplikasi terbaru PK 22 dari Balai Penyuluh KKBPK Sutera.
 

Painan, Rakyatterkini.com – Sosialisasi tentang penggunaan aplikasi terbaru  PK 22 di Balai Penyuluh KKBPK Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, dilaksanakan secara terbuka di Kantor KKBPK Kecamatan, Selasa (6/9/2021).


Silpia Apriyeni, Nara Sumber PK 22 menyampaikan agar kader betul-betul melek internet dan aplikasi yang telah diajari. Kegiatan ini dilaksanakan agar kader pendata dapat menjabarkan berkualitas, sekaligus menjelaskan sasaran PK 22.


Selain itu, juga menjelaskan cara membuat list keluarga dan sket peta keluarga. Kemudian, menjelaskan rekap seluruh nagari dan kampung, tata cara penggunaan username dan password. Sehingga, pada saat pendataan keluarga 2022 sudah siap dan memahami.


"Makanya, kegiatan ini kita usung," sebut Silpia menambahkan.


Sementara, Koordinator Lapangan Balai Penyuluh KKBPK Kecamatan Sutera, Busra Afrizal, S.IP., dan bersama PKB wilayah, Edi Warman S.IP., Irmadewi S.IP., serta Suratman mengemukakan, ini wajib dilaksanakan setiap bulannya.


Tak cukup itu saja, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para kader pendata mampu memiliki pemahaman tentang mekanisme dan tata cara pelaksanaan PK 22. Di samping itu, kader pendata memahami definisi keluarga untuk menentukan keluarga yang didata, supaya kader pendata terampil dalam berkomunikasi yang baik dan megedukasi keluarga, akan pentingnya pelaksanaan PK 22.


"Kader pendata mampu mengoperasikan dan mengisi aplikasi PK 22," tuturnya.  


Agenda lima tahunan milik BKKBN ini, diharapkan bisa mendapatkan data mikro yang valid tentang kondisi keluarga. Bahkan, pendataan keluarga juga diharapkan bisa mendeteksi keberadaan stunting di Kecamatan Sutera, selain melakukan pendataan secara langsung.


"Pendataan akan menggunakan penginputan lewat aplikasi di Android atau smartphone. Untuk itu, membutuhkan tenaga lini lapangan yang mumpuni dan memahami, bagaimana melakukan pendataan dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya lagi. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update