Notification

×

Iklan

Amril Jambak Termasuk dalam 5 Nama, Bakal Maju di Pilkada Agam 2024

Kamis, 29 September 2022 | 21:03 WIB Last Updated 2022-09-29T14:29:23Z

Amril Jambak.
 

Agam, Rakyatterkini.com - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumatra Barat, termasuk di Agam masih terbilang lama. Namun, beberapa tokoh namanya sudah mulai diapungkan untuk mengikuti Pilkada Kabupaten Agam pada 2024 mendatang.


Dari pantauan Rakyatterkini.com dari media massa dan media sosial yang ada dan berdasarkan isu yang berkembang di tengah masyarakat pada Kamis (29/9/2022). Saat ini, ada lima nama baru, dipredikasi akan ikut pada pesta demokrasi pencalonan bupati maupun wakil bupati di Agam, periode 2024-2029 nanti.


Selain petahana, Andriwarman dan Irwan Fikri yang sekarang menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2020-2024, juga diikuti nama baru diantaranya, Ade Rizki Pratama, Martias Wanto, Lazuardi Erman, serta Noveri Edios dan Amril Jambak. 


Pertama, Ade Rizki Pratama


Ade Rizki Pratama adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan anggota DPR-RI mewakili pemilihnya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Barat II melalui Partai Gerindra. Pria kelahiran 8 November 1988 ini, merupakan Anggota DPR-RI pada periode 2014-2019 dan berlanjut sampai saat ini, pada periode 2019 - 2024 nanti.


Pada Periode awal, Ade Rizki merupakan anggota DPR RI termuda serta ditunjuk untuk memimpin sidang paripurna bersama Popong Otje Djundjunan yang merupakan anggota DPR-RI tertua dari daerah pemilihan Jawa Barat. Politikus muda ini diapungkan dan diprediksi akan ikut serta dalam pilkada Kabupaten Agam 2024 nanti. 


Kedua, Martias Wanto. 


Martias Wanto menjabat sebagai Sekdako Bukittinggi saat ini, mulai disebut sebagian tokoh, sebagai bakal calon Bupati Agam pada Pilkada Agam 2024 mendatang. Namun beredar luas di media sosial, niniak mamak Suku Piliang Lubuk Basung yang bergelar Dt Maruhun tersebut, kerap disandingkan dengan Ade Rizki Pratama sebagai pasangan calon (Paslon) pada pilkada Agam 2024 nanti. 


Tokoh yang satu ini sudah dikenal luas di dunia birokrasi mulai dari camat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dipercaya pertama kali, diamanahi menjabat Sekda Kabupaten Agam pada masa kepemimpinan Bupati Indra Catri. 


Kemudian Saat ini, Martias Wanto juga masih diamanahi menjadi Sekdako Bukittinggi pada masa kepemimpinan Wali Kota Erman Safar.


Tokoh yang satu ini diprediksi akan ikut serta dalam pilkada Kabupaten Agam nanti, karena dinilai berpengalaman dalam mengelola pemerintahan dan diyakini mampu memimpin kabupaten Agam pada periode berikutnya. 


Ketiga, Lazuardi Erman.


Lazuardi Erman belakangan ini mulai mencuat menjadi perbincangan masyarakat. Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Agam ini, diamanahkan sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat pada periode 2019-2024 nanti.


Sebelumnya, ninik-mamak, dengan gelar Datuak Bandaro Kayo ini, juga pernah menjabat tiga periode di DPRD Agam dan pernah terpilih menjadi wakil ketua di DPRD Agam.


Selama menjadi wakil Rakyat, Lazuardi Erman dikenal sangat fokus pada pemberdayaan serta peningkatan ekonomi petani dan nelayan, selain itu melalui dana pokirnya. Ia mendorong pembangunan sarana penunjang seperti, irigasi dan jalan. Bahkan baru-baru ini dikabarkan tokoh yang satu ini tengah getol memperjuangkan pelebaran jalan di Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam.


Keempat,  Noveri Edios.


Ketua DPD Partai Bulan Bintang Agam yang akrab disapa Yos Fokal (Komunikasi Anak Lubuk Basung (Fokal) belakangan ini hangat diperbincangkan di masyarakat.


Noveri Edios terpilih menjadi anggota DPRD Agam periode 2014-2019 dan kembali dipercaya menjadi wakil rakyat pada periode 2019 hingga 2024 nanti. 


Nama yang satu ini cukup akrab di telinga, karena berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat serta mendukung penuh kegiatan kepemudaan.


Di kalangan kaum milenial nama Noveri Edios juga mengapung, bakal turut serta dalam pencalonan Bupati dan Wakil bupati Agam nanti. Kelima, Amril Jambak, tinggal di Pekanbaru, Riau. Dalam organisasi, ia menjabat Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Riau. Dan saat ini, Amril Jambak menjadi penguji pada Uji Kompetensi Wartawan dari lembaga uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).


Amril dinilai pantas dan memiliki peluang maju pada Pilkada Agam 2024 nanti. Dan melihat profesi yang digelutinya, putra Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung ini dipastikan memiliki relasi hingga ke Pusat.


Nah, Itulah nama-nama baru yang mulai mengapung serta diprediksi akan maju pada pilkada Kabupaten Agam 2024 nanti. Terkait kebenaran desas-desus yang berkembang ini, nanti dibuktikan dengan cukupnya suara dukungan ataupun partai pengusung saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam. (Warman)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update