Notification

×

Iklan

Wako Sawahluto Deri Asta Ikuti Rakernas XV APEKSI 2022, Ini Pesannya

Selasa, 09 Agustus 2022 | 01:11 WIB Last Updated 2022-08-09T01:16:54Z

Wako Deri Asta dan Ketua TP PKK, Ny.Meivyta Deri Asta.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH., mengikuti Rakernas XV Asosiasi Pemeritahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Padang,  bertempat di Hotel Truntum selama dua hari, Senin-Selasa (8-9/8/2022).


Deri Asta yang hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV APEKSI 2022 di Kota Padang menyebutkan, Kota Sawahlunto patut berbangga sebab pertumbuhan UMKM di Kota Warisan Budaya Dunia Unesco ini cukup massif, baik saat masa pandemi terlebih lagi pasca covid-19.


“Semangat masyarakat Kota Sawahlunto pantas kita acungkan jempol. Sebab, tetap semangat di masa-masa sulit akibat pandemi Covid19. Semangat inilah yang menjadi acuan dari pemerintah untuk menggulirkan bantuan bagi UMKM yang dinilai mampu bangkit dan berkembang. Sehingga, dengan bantuan yang diberikan akan lebih baik lagi,” ucapnya.


Tidak sampai di situ saja, jelas Deri Asta, "Pemerintah juga mengimbau kepada setiap OPD di Kota Sawahlunto untuk dapat menjadikan produk yang di produksi oleh UMKM lokal yang ada, agar dapat dijadikan sebagai cendera mata kepada tamu yang datang ke Kota Sawahlunto, serta setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pemko harus memanfaatkan produk makanan dan minuman yang di hasilkan UMKM, sehingga dengan upaya tersebut dirinya yakin bahwa UMKM akan dapat berkembang dan berinovasi lebih maksimal lagi," tegasnya.


Sebelumnya, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr.(H.C) Zulkifli Hasan, SE. MM., ketika membuka acara ini menuturkan ekonomi Indonesia kwartal kedua tumbuh 5,44 %, sementara sektor perdagangan tumbuh 4.42 %.


“Surplus sektor perdangan tertinggi dalam sejarah di Indonesia Merdeka, yakni 24, 89 miliar dolar. Saya memberikan apresiasi atas peran Gubernur, Walikota atau Bupati di Indonesia yang bekerja secara maksimal untuk membangkitkan perekonomian sektor perdagangan saat ini,” tutur Zulkifli Hasan.


Menteri Perdagangan RI juga menyampaikan peran pemerintah Kota dalam meningkatkan kinerja perdagangan secara nasional. Diantaranya dapat dilakukan dengan dukungan tranformasi digital UMKM dan perdagangan pasar untuk capai target 1.000 pasar rakyat, serta satu juta UMKM yang tergitalisasi, melakukan pengawasan barang dan jasa, pemantauan harga kebutuhan pokok, peningkatakan koordinasi pusat –daerah serta mendorong UMKM untuk menembus pasar ekspor, khusunya melalui pemanfaatan FTA.


“Semoga melalui kegiatan APEKSI 2022, maka kita akan sama-sama bangkit secara bersama untuk memulihkan ekonomi Indonesia.” tutup Mentri Perdagangan Republic Indonesia,  Zulkifli Hasan.


Agenda Rakornas APEKSI XV akan berlanjut besok, Selasa (9/9/2022) dengan beberapa kegiatan, sekaligus direncanakan penutupan yang dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update