Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Sungai Bawang Kembangkan Kambing Ettawa dan Kios Pasar

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:57 WIB Last Updated 2022-08-16T23:16:11Z

Kades Sungai Bawang dan perangkat berfoto di depan kantornya.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Sungai Bawang, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) terus berbenah. Ini berlangsung sejak beberapa tahun terakhir lalu, dimana sejumlah potensi tergarap dengan baik, mulai dari sektor pertanian, perdagangan hingga peternakan.


Kades Sungai Bawang, Sapto Widodo, mengemukakan, lewat program pemberdayaan dan ketahanan pangan dari dana desa, pihaknya memanfaatkan peluang atau potensi yang ada di desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Seperti bidang peternakan, tahun ini kita memberikan bantuan kambing ettawa untuk dikelola oleh masyarakat. Usaha ini kita yakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, karena kambing jenis ettawa juga menghasilkan susu yang bisa dijual," ujar Sapto, Selasa (16/8/2022).


Ia mengatakan, setelah diberikan pelatihan dan edukasi dari para ahli peternakan, animo masyarakat Sungai Bawang untuk berternak kambing ettawa makin meningkat. Tahap awal hanya sepuluh ekor, ke depan Sapto Widodo menyebutkan, akan mengupayakan akomodir animo masyarakat tersebut.


"Usaha pengembangan kambing ettawa ini cukup potensi. Karena itu, setelah diberi edukasi dan melihat sendiri pengembangbiakannya, sehingga minat masyarakat sangat tinggi. Mudah-mudahan, tahun berikutnya program ini bisa ditingkatkan," katanya lagi. 


Sapto menambahkan, selain bidang peternakan, tahun ini pihaknya juga memprioritaskan kebutuhan masyarakat yaitu berupa pembangunan puluhan kios pasar untuk meningkatkan ekonomi desa, sekaligus mengutamakan kebutuhan masyarakat tentang perekonomian.


"Puluhan kios pasar yang dibangun dari dana desa ini sejak beberapa bulan sudah beroperasi. Alhamdulillah, kini warga sudah punya pasar sendiri. Kios-kios ini juga memberi peluang usaha bagi warga setempat. Tak hanya pembangunan, bidang pelayanan administrasi di kantor desa setiap hari kerja juga tetap berjalan baik," ungkapnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update