Notification

×

Iklan

Puskesmas Terbaik Sawahlunto, dari Silungkang Membidik Pentas Nasional

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:20 WIB Last Updated 2022-08-15T01:20:57Z

Wako Sawahlunto, Deri Asta, bersama tim penilai.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Puskesmas Silungkang Kota Sawahlunto memiliki dua inovasi andalan, yang saat ini dinilai dalam lomba puskesmas berprestasi tingkat provinsi.


Kepala Puskesmas Silungkang dr. Aulia Annur, Sabtu 13 Agustus 2022, menyampaikan dua inovasi itu adalah upaya pelayanan kesehatan terpadu satu pintu yang ramah anak (Ulat Sutra) dan songsong keluarga bebas tuberkulosis ajak lintas sektor temukan minum obat sampai tuntas (Songket jo alat tenun). 


"Ulat Sutra ini adalah implementasi dari penetapan Puskesmas Silungkang sebagai Puskesmas Ramah Anak, maka kita bergerak menciptakan situasi dan kondisi yang mendukung pelayanan prima pada anak. Outputnya semua anak dan juga orang tua yang mendampingi anak tersebut ke Puskesmas itu memperoleh kemudahan dan kenyamanan," kata Aulia.


Proses menciptakan kemudahan dan kenyamanan pada anak itu dilaksanakan antara lain melalui standar pelayanan yang dibentuk dengan sistem terintegrasi, peningkatan kualitas SDM terkhusus untuk pelayanan dan perawatan anak, sampai pemasangan atau pembangunan sarana dan prasarana yang ramah anak.


Sementara songket jo alat tenun yaitu songsong keluarga bebas tuberkulosis ajak lintas sektor, temukan, minum obat sampai tuntas merupakan gerakan Puskesmas Silungkang dalam memberdayakan Juru Pemantau Batuk (Jumantuk) dalam deteksi dini dan edukasi masyarakat tentang tuberkolosis (TBC), kata Aulia.


Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan Pemko berpihak dan komitmen memberikan perhatian khusus pada kesehatan, didasari dengan salah satu misi Pemkot yang berbunyi meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat.


Sementara anggota DPRD Kota Sawahluntom Irland mengapresiasi Puskesmas Silungkang karena dinilainya telah menunjukkan kinerja yang bagus dan mampu meraih kepuasan masyarakat.


Secara data jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Silungkang itu kurang lebih sebelas ribu jiwa. Jumlah itu yang dilayani oleh personel Puskesmas sebanyak 67 orang, dan sedikit sekali masyarakat yang komplain, jadi ini harus kita apresiasi, ujarya.


Tim penilai lomba puskesmas berprestasi tingkat provinsi yang mengunjungi Puskesmas Silungkang, dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar dr. Lila Yanwar, MARS. (hms/ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update