Notification

×

Iklan

Pawai Alegoris di Batusangkar, Disuguhi Paguyuban Jawa, Mantap Jiwa!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 22:56 WIB Last Updated 2022-08-22T01:12:36Z

Mantap jiwa pawai alegoris di Batusangkar yang menampilkan Paguyuban Jawa.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Antusias masyarakat di sekitar Kota Batusangkar, untuk menyaksikan pawai alegories dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 luar biasa. Ini terbukti dari mulai pagi hari, jalan-jalan di sekitar kota budaya itu, sudah dipadati oleh lautan manusia. 


Kerumunan ribuan masyarakat hari ini memang sangat luar biasa, Kota Batusangkar berubah menjadi lautan manusia dan pakaian ribuan penonton tersebut, seolah olah menjadikan kota itu berwarna warni. 


Memang setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19, tahun ini tepatnya Minggu (21/8/2022) pawai alegories dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di kabupaten Tanah Datar, kembali digelar. 


Pawai yang disaksikan dan dilepas secara langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi Wakil Bupati Richi Aprian,  Ketua TP-PKK, Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW, Ny. Patty Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar, H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda dan yang lainnya.


Peserta menampilkan berbagai adat dan budaya serta kesenian tradisional asli dari kabupaten Tanah Datar. Namun, ada yang berbeda dan cukup menarik perhatian penonton pada pelaksanaan pawai alegories tersebut, yaitu keikutsertaan Paguyuban Jawa dari Padang Siminyak Pagaruyung, yang menampilkan kesenian tradisional kuda lumping. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Riswandi selaku Ketua Panitia Pawai Tingkat Kabupaten menyebutkan, pawai alegories diikuti oleh 114 kontingen terdiri dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA, Umum, BUMD dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 


"Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua pihak, termasuk juga dari pihak kepolisian semuanya berjalan lancar dari awal sampai akhir," ujar Riswandi. 


Sementara Bupati Eka Putra di kesempatan itu menyampaikan, ucapan bangga sekaligus terima kasih kepada seluruh peserta pawai yang telah mempertontonkan berbagai kesenian tradisional dan budaya asli dari kabupaten ini. 


"Semoga apa yang telah dipertontonkan oleh peserta pawai kepada kita hari ini, menjadi ladang amal ibadah bagi mereka dan diberikan imbalan yang setimpal oleh Allah SWT," ujar Eka Putra. 


Sepanjang pawai berlangsung, nampak bupati bersama wakil bupati dan yang lainnya tak henti-henti berdiri, sambil melambaikan tangannya kepada para peserta yang melintasi panggung kehormatan yang berada di Depan Pasar Batusangkar itu. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update