Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaatkan Pekarangan, 20 RT di Desa Sungai Sirih, Singingi Punya TOGA

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:58 WIB Last Updated 2022-08-18T06:58:10Z

Tim juri penilai lomba TOGA ketika meninjau kelompok TOGA Sehati RT 13, Desa Sungai Sirih.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Lahan pekarangan sekitar rumah jika dimanfaatkan dengan baik tidak hanya membuat lingkungan sehat dan nyaman, tapi juga dapat mendukung ketahan pangan.


Pemanfaatan tanah pekarangan rumah dengan ditanami berbagai jemis tanaman seperti sayuran, buah-buahan dan obat-obatan bisa menghasilkan pendapatan tambahan keluarga dan kesehatan lingkungan.


Seperti di Desa Sungai Sirih, Kecamatan Singingi, Kuansing. Melihat lahan pekarangan rumah warga belum produktif, pemdes setempat mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan ditanami Tanaman Obat Keluarga (TOGA).


Kades Sungai Sirih, Sitas Riyanto, menyebutkan, program tersebut disambut baik oleh masyarakat karena lingkungan pekarangan yang sebelumnya belum produktif, kini bermanfaat dan menghasilkan bagi keluarga. 


"Jika dimanfaatkan, pekarangan rumah yang sebelumnya tidak produktif bisa memberikan manfaat. Selain dikonsumsi sendiri, tanaman obat keluarga juga dapat menghasilkan uang," ujar Sitas Riyanto.


Dikatakan, dari 20 RT yang ada di Sungai Sirih, seluruh RT tersebut memiliki kelompok TOGA yang dibangun sejak tiga tahun terakhir. Bahkan, setiap tahun digelar perlombaan TOGA dengan beberapa spesifikasi penilaian panitia dari dinas kesehatan.


Lomba TOGA adalah sebagai wujud peran serta sumber daya masyarakat di bidang kesehatan lingkungan. Keberadaan TOGA, tambah Kades, diharapkan bisa menunjang kesehatan masyarakat, kesejahteraan dan keasrian lingkungan desa. 


"Ada beberapa spesifikasi yang dinilai oleh panitia pada lomba TOGA ini. Diantaranya ketersedian tanaman obat, jumlah tanaman, pemanfaatan dan cara mengolah obat. Lomba TOGA ini kita adakan sebagai bentuk apresiasi kepada warga. 


Meskipun hadiahnya tidak seberapa, tapi masyarakat sangat antusias. Karena membangun kekompakan, kebersamaan dan semangat gotong royong itu lebih penting," ungkap Sitas Riyanto kepada Rakyatterkini.com, Kamis (18/8/2022). 


Di sisi lain Sitas menambahkan, pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemdes Sungai Sirih juga melaksanakan upacara pengibaran bendera di lapangan bola desa. Upacara itu diikuti oleh berbagai unsur masyarakat dan unsur ASN. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update