Notification

×

Iklan

LPM Kelurahan Tanah Lapang Sawahlunto Nominator LPM Terbaik Tingkat Provinsi

Senin, 22 Agustus 2022 | 22:34 WIB Last Updated 2022-08-23T00:46:45Z

Walikota Deri Asta.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tanah Lapang, Kota Sawahlunto, masuk dalam nominasi enam besar Lomba LPM Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar Amasrul, pada Senin 22 Agustus 2022, menyampaikan untuk memilih juara dari Lomba LPM terbaik provinsi itu, tim penilai melakukan kunjungan lapangan dan wawancara dengan pihak-pihak terkait.


"Saya sebagai penanggungjawab tim penilai datang ke Kelurahan Tanah Lapang hari ini, membawa kawan-kawan tim penilai untuk memastikan data yang dikirim ke kami, sesuai dengan kondisi di lapangan dan informasi yang disampaikan oleh para narasumber nanti. Dari ekpose Ketua LPM tadi kami melihat potensi untuk menang, namun tentu semuanya kembali pada hasil penilaian," kata Amasrul. 


Ketua LPM Kelurahan Tanah Lapang, Dedy Irawan menyampaikan pihaknya mempunyai sejumlah inovasi dalam memberdayakan potensi masyarakat di daerah itu, sekaligus meningkatkan sinergi dengan pemerintah kelurahan.


"Inovasi kami antara lain pembuatan kompos untuk memanfaatkan sampah organik yang telah dikumpulkan warga. Setelah itu  pelatihan menjahit dan merajut untuk memberdayakan potensi kaum ibu," ujar Dedy merinci.


Kemudian, juga ada inovasi menanam buah dan sayur dalam pot, agar pekarangan kosong di lingkungan rumah warga termanfaatkan menjadi sumber pangan alami.


"Masyarakat Kelurahan Tanah Lapang ini memiliki kekayaan seni dan budaya yang beragam, karena kita heterogen dari berbagai suku. Nah, kami memfasilitasi pelestarian seni warga ini dengan menyelenggarakan pertunjukan/pentas seni," ucapnya lagi. 


Sementara untuk transparansi data dan meningkatkankan efektifitas penyampaian informasi, kata Dedy, dilakukan dengan memanfaatkan media website dan sosial media (Sosmed).


"Kalau sumber pendanaan kegiatan LPM Kelurahan Tanah Lapang itu berasal dari Pemko Sawahlunto, PT. Bukit Asam, Bank Nagari dan sumbangan masyarakat," ulasnya. 


Untuk rinciannya adalah APBD Pemko untuk peningkatan kapasitas SDM LPM sebesar sepuluh juta rupiah, APBD Pemko Sawahlunto untuk biaya operasional LPM sebesar lima juta rupiah, bantuan dari PT. Bukit Asam sebesar sepuluh juta rupiah dan bantuan Bank Nagari sebesar tiga ratus ribu serta sumbangan masyarakat sebesar delapan ratus ribu rupiah.


Walikota Sawahlunto Deri Asta yang hadir langsung dalam penilaian LPM Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar itu, menyampaikan apresiasi pada LPM Kelurahan Tanah Lapang, yang telah berkontribusi besar dalam membantu Pemko untuk membangun kota dan melayani masyarakat.


"Dari Pemko Sawahlunto, perhatian dan dukungan pada LPM telah dan terus diwujudkan. Dukungan dari sisi anggaran itu diberikan dalam bentuk dana untuk peningkatan kapasitas yang bisa dilaksanakan melalui pelatihan atau studi komparatif. Kemudian, ada pula dana operasional yakni untuk memfasilitasi LPM dalam berkegiatan," kata Walikota Deri Asta.


Walikota mengharapkan LPM Kelurahan Tanah Lapang sebagai mitra strategis Pemko Sawahlunto, dalam berhubungan dengan masyarakat di Kelurahan itu agar dapat lolos menjadi pemenang LPM Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update