Notification

×

Iklan

Gubernur Sumbar Beri Edukasi ABS-SBK di SMAN 1 Padang

Selasa, 30 Agustus 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-08-30T01:39:34Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, beri edukasi ABS-SBK di SMAN 1 Padang. 

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi berikan edukasi tentang falsafah Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) kepada 100 generasi muda dari kalangan siswa SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Padang di Masjid Fauzul Azim, SMAN 1 Padang, Senin (29/8/2022). 


Gubernur menyampaikan pemahaman tentang Undang-undang Sumatera Barat Nomor 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumbar. Menurut gubernur, kearifan lokal, budaya dan falsafah ABS SBK mendasari kegiatan di pemerintah daerah dan masyarakat Minangkabau.


Di samping itu gubernur juga menyampaikan dalam mewujudkan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat perlu adanya kesepakatan dan komitmen untuk mewujudkan ABS-SBK sebagai tata kehidupan yang harmonis, agamis, beradat serta berbudaya.


Gubernur juga mengatakan, terwujudnya falsafah ABS SBK membutuhkan komitmen dan kesepakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat. Menurutnya tidak mungkin budaya dan istiadat akan lahir tanpa adanya komitmen dan kesepakatan bersama.


Di acara tersebut gubernur membagikan buku pedoman pengamalan ABS-SBK kepada para siswa yang berhasil menjawab pertanyaannya, kabarnya buku ABS-SBK akan  jadi muatan lokal murid SMA se-sumbar berdasarkan surat edaran gubernur Nomor 420/3475/Disdik-2022. 


“Sekarang buku ini sudah tersedia di perpustakaan sekolah, kalau bisa tiap murid punya buku ABS-SBK ini, agar mereka bisa mempelajari adat budaya Minangkabau lebih komprehensif,” harapnya.


Hal tersebut juga disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Syaifullah, mengatakan buku pedoman pengamalan ABS – SBK yang disusun oleh para pakar dan praktisi tersebut merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan perkembangan kebudayaan Minangkabau. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update