Notification

×

Iklan

70 Anggota Paskibraka Tanah Datar Tahun 2022 Dikukuhkan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:49 WIB Last Updated 2022-08-16T23:14:26Z

Bupati Eka Putra kukuhkan anggota Paskibraka Tanah Datar 2022.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Eka Putra, kukuhkan 70 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tahun 2022, di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, Selasa (16/8/2022). 


Paskibraka yang dikukuhkan nantinya akan bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sebagai pengawal dan mengibarkan duplikat bendera pusaka Merah Putih, 17 Agustus 2022 yang akan datang. 


Pengukuhan turut dihadiri Ketua DPRD, Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, orangtua peserta dan masyarakat setempat. Acara pengukuhan tersebut berjalan lancar dan khidmat. 


Paskibraka Tanah Datar tahun ini terdiri dari 34 orang putri dan 36 orang putra, yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar. Perekrutan untuk menjadi anggota Paskibraka dilakukan secara acak di SMA se-Kabupaten Tanah Datar. Setelah pemilihan, dilakukan karantina atau Diklat sejak tanggal 13 Agustus lalu, selanjutnya seluruh anggota Paskibraka terpilih diinapkan di Hotel Emerone Batusangkar. 


Sedangkan pelatih Paskibraka Tanah Datar terdiri dari 3 orang anggota TNI, 3 orang anggota Polri, Satpol PP, PPI Tanah Datar, Pramuka dan panitia yang terlibat dalam pelaksanaan pelatihan anggota Paskibraka, yang akan bertugas pada Hari Kemerdekaan RI. 


Bupati Eka Putra menyampaikan selamat kepada putra-putri yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Tanah Datar tahun 2022 di halaman Istano Basa Pagaruyung.


Menurutnya, setelah dua tahun upacara di ruang terbuka tidak bisa dilaksanakan karena pandemi covid-19 melanda Indonesia, bahkan dunia, untuk itu  putra-putri terpilih itu, memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera, tapi mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar berjiwa nasionalisme tinggi. 


“Selamat, tugas kalian bukan hanya sebagai Paskibraka pada upacara HUT Kemerdekaan RI saja. Tapi, harus mampu menjadi pelajar berprestasi, teladan, disiplin serta memiliki jiwa nasionalisme tinggi, semangat cinta tanah air sebagai generasi penerus bangsa," pesan bupati. 


Bupati juga berharap agar Paskibraka Tanah Datar, yang terpilih mampu memberi pengaruh positif, baik di lingkungan sekolah, tempat tinggal maupun di tengah lingkungan masyarakat. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update