Notification

×

Iklan

Disdik Pasbar Gelar Bimtek ANBK Tingkat SD

Selasa, 12 Juli 2022 | 19:34 WIB Last Updated 2022-07-12T12:34:21Z

Bimtek ANBK Dinas Pendidikan Pasbar.

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Meningkatkan kapasitas operator sekolah dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) ANBK tingkat SD sederajat se- Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022, di Hotel Guci Simpang Empat, Pasbar.


Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari mulai 11 hingga 12 Juli 2022, diikuti oleh 23 orang operator sekolah yang diutus dari 11 kecamatan di Pasbar. Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Teknis ANBK Disdik Provinsi Sumatera Barat, Fadil dan Hepri.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat, Agusli menjelaskan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. 


"Pada kegiatan asesmen ini yang dinilai adalah mutu berdasarkan hasil belajar siswa dan beberapa aspek lainnya yaitu literasi, numerasi dan karakter," terang Agusli.


Ia menambahkan, asesmen merupakan penilaian mutu sekolah yang dilakukan secara online atau semi online yang menggunakan akses internet.


"ANBK ini berbeda dengan ujian nasional yang dilaksanakan pada beberapa tahun yang lalu. Perbedaan tersebut seperti pada unsur yang dinilai, ujian nasional cendrung fokus  menilai unsur kognitif siswa, sementara ANBK menilai unsur kognitif dan non kognitif dan survei lingkungan belajar," katanya.


Di samping itu, hasil Asesmen berupa informasi dapat digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu, karena itu hasil ANBK sangat bermanfaat untuk perencanaan pendidikan.


"Tentunya diharapkan validitas hasil ANBK pada setiap sekolah, karena kesuksesan pelaksanaan ANBK dipengaruhi oleh operator atau proktor pada setiap sekolah," ujar Agusli.


Agusli  menyampaikan, pentingnya hasil ANBK yang valid untuk perencanaan pendidikan di Pasaman Barat, dengan adanya Asesmen Nasional, ia berharap dapat mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pendidikan. (robi) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update