Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Andre Rosiade Apresiasi dan Komitmen Dampingi BUMN Aktifkan Kereta Api di Sawahlunto

Sabtu, 02 Juli 2022 | 12:58 WIB Last Updated 2022-07-04T01:19:01Z

Andre Rosiade, Anggota DPR RI.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade mengapresiasi, sekaligus siap terus mendampingi Kementerian BUMN yang mengoperasikan kembali kereta api di Kota Sawahlunto dengan memperbaiki sarana dan prasarana. 


“Kami menilai ini sebagai keseriusan Kementerian BUMN dalam menindaklanjuti aspirasi yang kami sampaikan bersama sejumlah kepala daerah di Sumbar. Tentu ini harus kita apresiasi, sambil mendampingi proses pelaksanaannya,” tutur Andre saat menghadiri Kick Off Perbaikan Sarana dan Pra Sarana Perkeretapian Jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban, di Stasiun Sawahlunto, Jumat (1/7/2022).


Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu, menyebutkan pada 2021 lalu, dirinya telah membawa sejumlah kepala daerah di Sumbar, bertemu langsung dengan Menteri BUMN dan Dirut PT KAI untuk membahas salah satunya tentang reaktifasi perkeretapian. 


“Terima kasih Menteri BUMN Pak Erick Tohir, ternyata bergerak cepat setelah kami temui meminta menghidupkan kembali kereta api di Sumbar. Yaitu beliau langsung membentuk Project Management Officer (PMO) BUMN, untuk pemulihan pariwisata Sumbar. Yang salah satunya merekomendasikan perbaikan sarana dan prasarana kereta api yang dimulai pada jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban ini,” ujar Andre menjelaskan. 


Ia menilai ketika perbaikan itu selesai nanti dan kereta api untuk wisata di Sawahlunto sudah beroperasi, maka akan memberikan manfaat besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. 


“Tujuan utamanya wisata, kereta api yaitu lokomotif uap legenda E 1060 Mak Itam akan menarik kunjungan wisatawan. Dengan peningkatan wisatawan, kita yakin ekonomi masyarakat setidaknya di sektor jasa dan perdagangan bisa meningkat,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu.


Sementara, Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (PTKAI) Didiek Hartantyo menyampaikan, empat BUMN yang berkolaborasi membantu perbaikan sarana dan prasarana perkeretaapian itu adalah PT KAI, Semen Indonesia Group (SIG), PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma. 


“Kami bersinergi sesuai arahan Menteri BUMN, mengumpulkan kurang lebih Rp20 miliar untuk sarana dan prasarana jalur sepanjang empat kilometer (Sawahlunto - Muaro Kalaban),” kata Didiek. 


Didiek menyebut target pengerjaan perbaikan itu selama enam bulan, sehingga pada Desember nanti, saat momen Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto, ‘Mak Itam’ dapat berjalan kembali mengangkut wisatawan. 


“Untuk lokomotif uap E 1060 ‘Mak Itam’, itu memang masih memerlukan perbaikan. Jadi, sudah kita mulai pengerjaannya, dimana sekarang sudah ada progress 15 persen. Itu dikerjakan oleh Tim Khusus PT KAI dari Ambarawa,” kata Didiek. 


Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedy Bharata mengatakan, perbaikan sarana dan prasarana perkeretapian Sawahlunto adalah buah dari Project Management Office (PMO) BUMN untuk pemulihan pariwisata Sumatera Barat yang dibentuk Menteri Erick Tohir.  (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update