Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 27 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.841 21 101.470 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Peringati Perang Manggopoh ke-114, Ratusan Pelajar Ikuti Pawai Alegoris

Kamis, 16 Juni 2022 | 11:30 WIB Last Updated 2022-06-22T02:58:54Z

Ratusan pelajar ikuti pawai alegoris.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Ratusan pelajar se-Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, memaknai peringatan Perang Manggopoh ke-114 dengan menggelar arakan-arakan hias atau pawai alegoris, Kamis (16/6/2022).


Meski terik ratusan pelajar berbusana adat dan kostum profesi dengan beragam atribut tampak semangat berjalan sejauh 3,5 kilometer. Arakan-arakan dimulai dari medan bapaneh Balai satu dan finish di tempat yang sama.


Bupati Agam, diwakili Asisten I, Rahman, saat melepas pawai alegoris mengatakan, beragam cara dapat dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang di masa lampau.


Pawai alegoris yang digelar Pemerintahan Nagari Manggopoh ini menurutnya merupakan cara generasi muda setempat mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, khususnya yang berjuang pada Perang Manggopoh.


Menurutnya, semangat generasi muda merawat peristiwa sejarah Perang Manggopoh patut mendapat apresiasi. Dikatakan, sejarah akan terus terukir ketika generasi masa kini dapat menghargai jasa para pahlawan.


Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Perang Manggopoh ke-114, Romi Z, menyebut pawai alegoris merupakan salah satu rangkai acara memperingati peristiwa Perang Manggopoh.


Melalui pawai alegoris ini, diharapkan semangat perjuang para pahlawan dapat terus membara di kalangan generasi muda. Hal itu dapat dilihat dari kostum yang digunakan peserta pawai, mencerminkan tokoh-tokoh Perang Manggopoh. (gp/vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update