Notification

×

Iklan

Pemkab Solok Selatan Raih Penghargaan Skor Indeks Pencegahan Korupsi Tertinggi se-Sumbar

Rabu, 22 Juni 2022 | 07:51 WIB Last Updated 2022-06-22T00:51:05Z

Ketua KPK RI, Komjen Firli Bahuri serahkan penghargaan pada Bupati Solok Selatan, Khairunas.


Padang, Rakyatterkini.com  –  Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan peningkatan skor Indeks Pencegahan Korupsi atau Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi se-Sumatera Barat.


Pada 2021 sebesar 23,26%, meningkat dari Tahun 2020 sebesar 50,33% menjadi 73,59% pada Tahun 2021.


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPK RI, Firli Bahuri kepada Bupati Solok Selatan, Khairunas dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi se-Sumatera Barat, Selasa (21/6/2022).


Monitoring Center for Prevention (MCP) merupakan salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka memonitoring upaya koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi oleh pemerintah daerah.


MCP tersebut meliputi 8 area intervensi yaitu manajemen Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), yaitu optimalisasi pajak daerah, perencanaan dan penganggaran APBD, pelayanan terpadu satu pintu, manajemen ASN, dan pengadaan barang dan jasa, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.


Bupati Khairunas menerima tiga penghargaan sekaligus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia. Selain penghargaan terkait peningkatan skor indeks pencegahan korupsi, Pemkab Solok Selatan juga mendapatkan penghargaan pada kategori sertifikat tanah pemerintah daerah terbanyak Tahun 2021.


Menurut Khairunas, penghargaan yang diterima dan diperoleh tersebut merupakan prestasi Pemkab Solok Selatan atas kerjasama semua pihak secara keseluruhan.


“Penghargaan ini adalah hasil kerja bersama antara pemkab Solok Selatan bersama dengan seluruh elemen yang ada, termasuk masyarakat Solok Selatan. Apresiasi oleh KPK yang kita raih berkat ‘team work’ kita semua di Solok Selatan,’’ ungkap Bupati.


Bupati juga berharap agar momen ini hendaknya dapat lebih meningkatkan integritas pemerintah daerah terutama ASN Pemkab Solok Selatan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update