Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pasar Paraman Ampalu Masuk Nominasi Lomba Pasar Nagari Tingkat Sumbar

Rabu, 29 Juni 2022 | 15:21 WIB Last Updated 2022-06-29T08:21:09Z

Tim penilai kunjungi Pasar Paraman Ampalu.

Simpang Empat, Rakyattekrini.com - Pasar Paraman Ampalu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat masuk nominasi lomba pasar nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat. 


Artinya, pasar nagari ini menjadi pasar nagari terbaik tingkat kabupaten di Bumi Mekar Tuah Basamo.


Tim penilai lomba pasar nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat, langsung datang ke pasar pada Rabu (29/6/2022) untuk mencek kelengkapan sarana dan prasarana yang masuk dalam kategori lomba. 


Setelah tim penilai melakukan pemantauan ke dalam pasar Paraman Ampalu, langsung dilakukan pertemuan dan pemaparan di gedung pertemuan Sarumbuk Maroban Tua.


Dalam penilaian lomba pasar nagari itu, hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Camat Gunung Tuleh Muhammad Ghor, Forkopimca setempat. Sedangkan Wali Nagari Rabi Jonggor, Niswan Adil Lubis memaparkan sejarah Rabi Jonggor dan kemajuan pasar nagari hingga sekarang.


Ketua tim penilai lomba pasar nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat, Hotna Hirawati mengatakan penilaian pasar Nagari Rabi Jonggor merupakan penilaian pasar nagari yang terakhir. Namun, tentunya diharapkan nilai dari pasar Nagari Rabi Jonggor menjadi yang pertama bukan yang terakhir. 


Sedangkan jumlah pasar yang dinilai oleh tim mencapai 20 unit pasar dengan dua kategori yakni Pasar Nagari dan Pasar Pemda. 


"Tahun ini, di Pasbar Pasar Nagari Rabi Jonggor yang kami nilai dan masuk nominasi lomba pasar nagari,"katanya. 


Ada beberapa kategori yang dinilai oleh tim penilai dari provinsi seperti kelengkapan sarana dan prasarana seperti sanitasi yang ada di pasar, kebersihan pasar, pengelompokan pedagang berdasarkan jenis dagangan, pengelolaan pasar yang jelas, sarana parkir, musholla dan toilet umum yang ada di pasar.


"Kategori penilaian itu mengacu kepada standar yang telah di tetapkan,"katanya.


Ia menilai bahwa pengelolaan Pasar Nagari Rabi Jonggor ada kerjasama yang baik antar unsur di nagari. Mulai dari camat, wali nagari hingga unsur Forkopimca dan tentunya ada pengawasan dari dinas terkait. Sehingga tercipta lah pasar yang aman, nyaman bagi masyarakat.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasbar Pahrein mengatakan, pasar Nagari Rabi Jonggor memang begitu adanya. Tidak ada rekayasa atau perubahan bentuk dari kondisi pasar.


"Namun, tentunya nagari atau pemerintah nagari tetap memperhatikan pasar nagari ini. Mulai dari pembangunan sarana prasarana fasilitas umum,"katanya. 


Sarana dan prasarana yang telah ada di pasar Nagari Rabi Jonggor telah dilengkapi. Mulai dari fasilitas umum hingga pengelolaan pasar.


"Kami berharap kepada tim penilai lomba pasar nagari ini, kami menjadi pemenang tingkat Provinsi dan berlanjut ke tingkat pusat. Namun, kalaupun kami tidak menang kami akan tetap berbenah atau terus meningkat kualitas pasar Nagari Rabi Jonggor ini,"katanya. (robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update