Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jambore PKK Pessel, Stand Sutera Unik dari yang Lain

Jumat, 17 Juni 2022 | 16:58 WIB Last Updated 2022-06-17T09:58:34Z

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar bersama tim pengerak PKK.


Painan, Rakyatterkini.com – Tim Penggerak PKK Pesisir Selatan menggelar jambore kader PKK ke-17, Jumat (17/6/2022).


Kegiatan berlangsung selama dua hari, 17-18 Juni 2022 dibuka Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, dihadiri Ketua TP PKK, Ny Yunesti Rusma Yul Anwar dan kepala perangkat daerah.


Rusma Yul Anwar mengatakan, sebagaimana visi dari gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, sehat, sejahtera, maju dan madiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.


Itu diimplementasikan melalui misi gerakan PKK adalah meningkatkan mental, spritual, perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan pendapatan keluarga.


Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, pemanfaatan pekarangan, sandang, perumahan serta tata laksanakan rumah tangga yang sehat. Meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan dan membiasakan hidup menabung.


Bupati berharap dengan adanya Jambore Kader PKK berprestasi dapat menjadi ujung tombak atau perpanjangan tangan Tim Penggerak PKK Nagari untuk melaksanakan gerakan PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, berkualitas dan berketahanan pangan.


Dikatakan, gerakan PKK kedepan seyogianya memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pemberdayaan keluarga. Memang harus dipahami keluarga sebagai sebuah potensi sosial yang besar dan karenanya harus memiliki strategi pembangunan yang tepat sehingga potensi tersebut dapat menciptakan manfaat dan kemaslahatan sosial yang luas.


Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Ny Yunesti Rusma Yul Anwar mengatakan, tujuan Jambore Kader PKK itu adalah meningkatkan percepatan gerakan PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas.


Meningkatkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan peserta jambore. Sebagai wadah dan kesempatan untuk berbagi pengalaman antara sesama peserta dan tumbuhnya rasa harga diri serta kebanggaan bagi peserta. Selanjutnya, mengefektifkan pembentukan kelompok PKK dan menggerakkan 10 program pokok PKK.


Melalui kepedulian dan kearifan sosial, dimana gerakan PKK menempati posisi yang sangat strategis. Memiliki program yang jelas dan kader-kader yang tangguh yaitu kader Desa Wisma tersebar sampai ke lapisan paling dekat dan bersentuhan dengan keluarga-keluarga.


Ada keunikan di Stand P2K Kecamatan Sutera, disajikan pohon Porang dan buah Porang, dengan kandungan glukomann dalam tanaman porang membantu mengurangi kadar kolesterol.


Selain itu, serat yang terdapat pada porang juga biasa digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk orang yang memiliki diabetes. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update