Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Diikuti 850 Peserta, Wagub Buka MTQ Nasional ke-41 Tanah Datar

Selasa, 21 Juni 2022 | 00:00 WIB Last Updated 2022-06-21T00:46:02Z

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy buka MTQ Nasional ke-41 Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2022, resmi dibuka Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, Senin (20/6/2022).


Terpusat di Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, MTQ ke-41 ini mempertandingkan 31 cabang lomba dan golongan dengan lokasi lomba tersebar di mesjid, mushola dan sekolah di nagari dalam Kecamatan Tanjung Emas.


Audy mengajak segenap generasi muda, para peserta MTQ untuk menjadikan ajang MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi Alquran sebagai kontribusi nyata dalam penerapan Adat Basandi Sarak Sarak Basandi Kitabullah.


MTQ ke 41 ini menurut Ketua Harian LPTQ Tanah Datar sekaligus Wakil Bupati Tanah Dayat, Richi Aprian mengatakan, sistem pelaksanaan MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Tanah Datar ini menerapkan sistem e-MTQ, mulai dari pendaftaran peserta sampai pelaksanaan penilaiannya.


Saat ini peserta MTQ berjumlah 850 orang yang terdiri dari 441 orang laki-laki dan 409 perempuan. Untuk pengadil dan dewan hakim berasal dari LPTQ Sumatera Barat dan LPTQ Tanah Datar serta praktisi Al Quran yang berasal dari kabupaten/kota daerah tetangga, Ucap Ketua Harian LPTQ Tanah Datar yang sekaligus juga Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian.


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra, berharap melalui ajang MTQ ini akan lahir generasi Qurani sebagai pondasi kuat dalam menggali dan membangun potensi generasi muda. Selain itu juga sekaligus sebagai ajang evaluasi perkembangan pendidikan Alquran di Tanah Datar.


Kegiatan ini bukan hanya sebagai meraih prestasi semata tetapi juga menggali potensi yang ada pada generasi muda.


Di samping mencari qori dan qoriah, hafizh dan hafizah yang terbaik untuk mewakili kabupaten Tanah Datar, menjadi evaluasi perkembangan TPA/TPSA dan juga pondok Alquran di daerah kita yang tidak terlepas dari peran serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), ungkap Eka Putra. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update