Notification

×

Iklan

Pemkab Solok Selatan Upayakan Kurangi Daerah Blankspot

Rabu, 11 Mei 2022 | 08:34 WIB Last Updated 2022-05-11T01:34:55Z

 Bupati Solok Selatan, Khairunas, Wabup Yulian Efi, pimpin rapat terkait daerah blankspot.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Upaya pengentasan daerah blankspot, Pemkab Solok Selatan menggelar rapat untuk menginventarisir permasalahan terkait daerah blankspot, Selasa (10/5/2022).


Rapat dipimpin Bupati Khairunas, Wabup Yulian Efi, Sekdakab, Asisten, Dinas Kominfo bersama wali nagari dan camat se-Solok Selatan. 


Data Dinas Kominfo Solok Selatan menemukan titik-titk blankspot masih sebanyak 39 yang tersebar pada 15 Nagari pada enam kecamatan, dengan perkiraan blankspot tersebut benar-benar tidak memperoleh sinyal sama sekali.


Bupati Solok Selatan, Khairunas dalam rapat tersebut menginginkan kantor wali nagari, sekolah-sekolah dan puskesmas yang menjadi prioritas jaringan internet.


Untuk penuntasan masalah jaringan telekomunikasi khususnya jaringan internet, selain perencanaan untuk mendapatkan bantuan program bakti, juga perlu juga perencanaan lain seperti penyediaan tower mandiri oleh Pemkab Solok Selatan atau memperbanyak desa mandiri internet seperti pada Nagari Talunan Maju dan Pintu Kayu.


Terkait perencanaan untuk mendapatkan bantuan program Bakti Kemkominfo, Bupati juga memerintahkan camat dan wali nagari untuk menyediakan lahan seluas 10X10M dalam bentuk hibah tanah pembangunan tower.


Wakil Bupati, Yulian Efi juga mendorong dan mendukung bersama bupati terkait pengentasan daerah blankspot di Solok Selatan. 


Sementara itu, Kadis Kominfo, Firdasu Firman, menjelaskan terkait kondisi sekarang lebih mudah menghadirkan jaringan internet dari pada jaringan telepon seluler pada daerah-daerah blankspot. 


Masalah tersebut tidak hanya terjadi di Solok Selatan, melainkan sebagian besar daerah di Indonesia. 


Selain itu, perbedaan harga bandwidth di daerah pulau Jawa berbeda dengan daerah lainnya, dengan harga murah maka infrastruktur dapat digratiskan pembangunannya. 


Sementara kita di Solok Selatan, pihak provider akan mengkaji terkait pembangunan tower pada daerah blankspot, karena terkait dengan profit oriented perusahaan penyedia jasa telekomunikasi. 


Untuk itu, dari 2 role model internet desa mandiri di Nagari Talunan Maju dan Pintu Kayu, pembangunan tower mandiri serta proposal bantuan program bakti Kemkominfo, sangat dibutuhkan keseriusan dan dukungan semua pihak. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update