Notification

×

Iklan

Bupati Sutan Riska Ajak ASN Donor Darah, Apel Gabungan Mei Berjalan Lancar

Senin, 09 Mei 2022 | 18:10 WIB Last Updated 2022-05-10T01:04:58Z

Bupati Dharmasraya ikut donor darah.
 

Dharmasraya, Rakyatterkini.com – Orang nomor wahid di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab agar dapat mendonorkan darahnya. Sehingga, menjamin ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Dharmasraya. Imbauan sekaligus ajakan bupati ini disampaikannya saat apel gabungan bulan Mei 2022 di halaman kantor bupati, Senin, (9/5/2022).


Bupati mengajak seluruh ASN melakukan donor darah bukan tanpa sebab. Pasalnya, stok darah yang ada di PMI terkadang hanya tiga atau empat kantong saja pada setiap golongan darah. Bahkan, stok untuk golongan darah tertentu kosong sama sekali. Hal ini membuat masyarakat yang membutuhkan darah menjadi sangat terkendala untuk mendapatkan.


“Bila setiap ASN rutin mendonorkan darahnya tentu saja tidak akan ada lagi warga kabupaten yang kesulitan mencari pendonor kalau sewaktu-waktu dibutuhkan. Saya harap, sebagai ASN kita peduli permasalahan tersebut, sehingga masyarakat akan sangat terbantu,” imbau bupati.


Saat ini, PMI Dharmasraya sudah mengadakan satu unit bus untuk memudahkan masyarakat mendonorkan darahnya. Bus tersebut ke depannya akan berkeliling ke dinas-dinas atau ruang-ruang publik lain, untuk menghimpun darah dari pendonor. Sehingga, para pendonor tidak perlu repot lagi ke PMI, cukup di bus saja.


Selain membantu bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, mendonorkan darah juga memiliki banyak manfaat seperti pemeriksaan kesehatan gratis, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kadar zat besi, mendorong produksi sel darah, menurunkan tekanan darah, merangsang regenerasi sel darah, merasa lebih bahagia, menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, dan membantu menyehatkan organ hati.


Pada kegiatan donor kali ini, selain bupati ada sejumlah pejabat yang berkenan untuk mendonorkan darahnya. Pada kesempatan apel tersebut juga bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua kalangan yang telah melaksanakan program pemerintah untuk pencegahan pandemi Covid 19. 


“Semoga ini menjadi petanda bagi kebaikan kita semua untuk membangun kebersamaan, kekompakkan dan semangat untuk lebih bersungguh-sungguh dalam membangun Dharmasraya ke depannya,” ungkap Sutan Riska.


Setelah melaksanakan Idul Fitri tahun ini, semua dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diamanahkan di pundak dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat memberikan pengabdian yang terbaik untuk Kabupaten Dharmasraya. Untuk pemulihan ekonomi masyarakat kiranya dapat memanfaatkan dan memberdayakan penggunaan produk dalam negeri, dan ini sejalan dengan arahan pemerintah pusat untuk percepatan penggunaan produk dalam negeri.


Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ASN yang telah melaksanakan pengamanan Idul Fitri di posko-posko pengamanan lebaran. Baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Sehingga pelaksanaan Idul Fitri di Kabupaten Dharmasraya berjalan dengan aman, lancar dan sukses. (Rona)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update