Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Agar Hasil Panen Melimpah, Warga Pulau Rumput Gunung Toar Gelar Doa Padang

Jumat, 20 Mei 2022 | 09:25 WIB Last Updated 2022-05-20T02:25:45Z

 Prosesi Doa Padang di Desa Pulau Rumput.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Pulau Rumput, Kecamatan Gunung Toar, Kuansing, menggelar Doa Padang, di area pesawahan Dusun I desa setempat, Kamis (19/5/2022).


Acara yang dihadiri ratusan masyarakat itu merupakan tradisi doa bersama sebelum turun ke sawah menyemai benih, dengan harapan hasil panen padi nanti diberikan keberhasilan yang maksimal.


Kades Pulau Rumput, Dasril pada kesempatan itu menyampaikan, tradisi ini dilakukan sebagai upaya menjauhkan kerugian akibat gagal panen. Para petani pun memanjatkan doa agar tanamannya berhasil mendapatkan panen melimpah.


Menurutnya, doa padang yang dilakukan setahun sekali ini juga sebagai wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Dan untuk pembacaan doa dipimpin oleh sesepuh kampung yang diamini seluruh masyarakat yang hadir.


"Doa padang ini adalah tradisi masyarakat sejak zaman dahulu. Dan hari ini ratusan warga kembali berkumpul untuk memanjatkan doa kepada yang maha kuasa berharap benih padi yang ditanam nanti memberikan hasil yang melimpah," ujar Kades Dasril. 


Sementara Pemerintah Kecamatan Gunung Toar, mengapresiasi Pemdes Pulau Rumput karena masih melestarikan tradisi doa padang sebagai warisan turun temurun. Doa bersama tersebut penting sebagai upaya untuk mendapatkan keberkahan rezeki yang dilimpahkan Tuhan. 


"Memasuki musim tanam ini masyarakat di Desa Pulau Rumput bersama-sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan harapan hasil panen sawahnya melimpah. Dan terimakasih kami sampaikan kepada pemerintah desa yang masih mempertahankan tradisi ini," ungkap Sekcam. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update