Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wagub Audy Launching Gebyar PID dan BIAN, Bupati: Perlu Peran Aktif Semua Pihak

Kamis, 21 April 2022 | 21:08 WIB Last Updated 2022-04-21T14:38:39Z

Wagub Audy launching gebyar Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy Launching Gebyar Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Aula Kantor Camat Batipuh, Rabu (20/4/2022). Hadir dalam momen itu Bupati Tanah Datar, Eka Putra.


Wagub Audy Joinaldy mengemukakan,  penurunan angka imunisasi berdampak terhadap peningkatan penyakit pada anak dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB), lantaran teralihkan dengan pandemi Covid-19. 


“Jadi, pandemi Covid-19 membuat masyarakat abai terhadap imunisasi anak, karena masyarakat takut membawa anak ke Puskemas atau pelayanan kesehatan lainnya. Takut tertular Covid-19, akhirnya terjadi penurunan angka imunisasi anak secara drastis. Ini tidak hanya terjadi di Sumatera Barat, tapi di seluruh dunia,” ujar Wagub Audy.


Ia berharap seluruh pihak berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya imunisai anak. Sehingga, tidak ada lagi anak-anak di Sumatera Barat, yang tidak mendapat imunisasi. 


“Kegiatan yang sama telah terlaksana di beberapa daerah di Sumbar, dengan harapan angka imuniasi anak meningkat,” tuturnya lagi.  


Sementara Bupati Eka Putra menyebutkan, diperlukan  peran aktif semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan imunisasi di Tanah Datar pada khususnya, baik lintas sektoral maupun lintas program dengan cara mensosialisasikan pentingnya imunisasi terhadap anak.


Kata bupati, sejak pandemi Covid-19 di tahun 2019 lalu, cakupan Universal Child Immunization (UCI) kabupaten Tanah Datar yakni 77,5 %, sedangkan di tahun 2021 mengalami penurunan yang signifikan pada angka 44,8 %.


“Pelaksanaan imunisasi di Tanah Datar perlu dukungan seluruh pihak untuk mensosialisasikannya ke masyarakat, kegaiatan ini dianggap penting dalam upaya memberantas serta penanggulangan penyakit menular, khususnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I),” ujar Bupati Eka.


Ia menambahkan, program imunisasi merupakan salah satu cara mewujudkan kabupaten layak anak. Dia pun mengajak seluruh pihak, termasuk masyarakat senantiasa membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap, sehingga terhindar segala bentuk penyakit tergolong PD3I. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update