Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wabup Pasbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang 2022

Jumat, 22 April 2022 | 16:43 WIB Last Updated 2022-04-23T00:23:23Z

Wabup Risnawanto pimpin apel  gelar pasukan Ops Singgalang di halaman Polres Pasbar.
 

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022. Apel dipimpin Wakil Bupati Risnawanto di Halaman Kantor Polres Pasbar, Jumat (22/4/2022). 


Operasi Ketupat Singgalang 2022 yang dimulai pada tanggal 28 April hingga 9 Mei mengangkat tema "Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H".


Dalam amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang disampaikan Wabup Risnawanto, menjelaskan perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022, cuti bersama pada 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.


"Pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," ucapnya.


Walaupun pandemi di Indonesia sudah terkendali lanjutnya, namun masyarakat Indonesia harus tetap waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang rawan terhadap terjadinya transmisi Covid 19. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah strategis dengan stakeholder terkait, agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Idul Fitri 1443 H/tahun 2022.


Beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai strategi penguatan pengendalian penyebaran Covid 19 menjelang, pada saat dan sesudah idul fitri 1443 H / 2022 H seperti : pertama, melakukan imbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat, agar taat protokol kesehatan, kedua mendorong pengelola tempat wisata, memastikan aplikasi Peduli Lindungi terpasang, ketiga melaksanakan penjagaan dan pengamanan pelaksanaan ibadah Idul Fitri di masjid masjid maupun di lapangan.


Selanjutnya,  mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik, kelima melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus terkonfirmasi Covid-19 bersama Satgas Covid-19, TNI dan pemerintah daerah, keenam melaksanakan random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan, ketujuh melakukan percepatan program vaksinasi, terutama kab/kota yang belum mencapai target serta melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, mulai dari contraflow, buka tutup gate tol, one way. ganjil genap pada jalan tol maupun ruas jalan tertentu saat arus mudik/balik maupun jalan-jalan menuju tempat wisata 


Ia menambahkan, guna mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat 2022 beberapa hal yang perlu dipedomani seperti menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.


Selain itu, menggelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di Titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19, mendorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi, satgas pangan menjamin keyersediaan bahan pokok dan pengendalian harga serta memantapkan kerjasama, sinergi dan solidaritas para pihak terlibat. (Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update