Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tarawih Perdana, Gubernur Sumbar Tekankan Jemaah Isi Ramadhan dengan Ketaqwaan

Minggu, 03 April 2022 | 11:56 WIB Last Updated 2022-04-03T04:56:12Z

Jemaah Masjid Raya Sumbar di tarawih perdana.
 

Padang, Rakyatterkini.com - Memasuki malam pertama bulan Ramadhan 1443 H, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengajak seluruh jemaah untuk memperingati bulan diturunkannya kitab suci Alquran dengan penuh ketaqwaan dan ketaatan, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. 


Pesan itu disampaikan Mahyeldi dalam tausiyah perdana pada malam pertama Ramadhan 1443 H, di Masjid Raya Sumbar, Sabtu (2/4/2022) malam.


"Atas nama pemerintah provinsi, kami mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah Ramadhan kepada umat Islam di Sumbar. Semoga Ramadhan yang sudah kita mulai ini menjadi Ramadhan yang lebih baik dari Ramadhan yang sudah kita lalui selama ini," ujarnya. 


Dalam kesempatan itu, gubernur berpesan selama bulan Ramadhan ini dipenuhi dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, mematuhi segala perintah-Nya, dan mengisi bulan mulia ini dengan sebaik-baiknya. Sebab, Allah memberikan berbagai macam sarana ampunan di bulan Ramadhan. Allah juga memberikan keistimewaan bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa.


Gubernur menjelaskan, keistimewaan yang dimaksud berupa ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Hadis Rasulullah SAW mengatakan, Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih. 


"Artinya, barang siapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni," katanya.


Kepada jemaah yang memadati masjid kebanggaan Sumbar tersebut, orang wahid provinsi ini mengingatkan, agar benar benar memanfaatkan ibadah puasa supaya Allah mengangkat derajat kita menjadi orang yang bertaqwa.


“Mari kita isi puasa dengan memperbanyak ibadah sunat seperti memperbanyak membaca Alquran, sedekah, tarawih, tahajud semoga Allah mengangkat derajat kita menjadi orang yang bertaqwa,” katanya.


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Hansastri, selaku Ketua Umum Masjid Raya Sumbar, menyampaikan rangkaian kegiatan selama Ramadhan di Masjid Raya Sumbar yaitu qiyamul lail, shalat, tarawih dan subuh mubarakah, memfasilitasi 10 hari terakhir I'tikaf dan penyediaan buka puasa dan sahur bersama secara rutin. 


Lebih lanjut, ia berharap kepada para jemaah untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan kebersihan di lingkungan Masjid Raya Sumatera Barat. 


"Dengan terpilihnya Masjid Raya Sumbar sebagai masjid dengan desain terbaik di dunia, maka dari itu kita sebagai pengurus dan jemaah harus sadar untuk menjaga keindahannya," ujar Hansastri. (MMC)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update